[SALAH] Surya Paloh Murka, Ungkap Usai Bertemu dengan Presiden Jokowi Hingga Seluruh Istana Panik

Hasil periksa fakta Agnes A

Cuplikan dan narasi dalam video hanya menjelaskan mengenai tanggapan Jokowi setelah melakukan pertemuan dengan Surya Paloh. Tidak ada informasi mengenai murkanya Paloh yang membuat seluruh istana panik.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/X95E-CPHM (Youtube)

=====

[NARASI]: :red_circle: SURYA PALOH MURKA BESAR, BEGINI ISI PERTEMUAN DENGAN JOKOWI ISINYA BIKIN PANIK SELURUH ISTANA !!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Serambi Politik mengunggah video dengan klaim Surya Paloh murka usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Narasi pada judul video juga menyebutkan bahwa isi dari pertemuan antara Paloh dan Presiden Jokowi ini membuat panik seluruh istana.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi valid yang menjelaskan mengenai klaim tersebut.

Cuplikan pada video tersebut adalah momen pada saat Presiden Jokowi menanggapi perihal pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video juga identik dengan artikel yang diunggah oleh CNBC Indonesia dengan judul “Jokowi Buka Suara Soal Pertemuan dengan Paloh: Pertemuan Politik Biasa.”

Baik cuplikan dan narasi sama-sama menjelaskan mengenai Jokowi yang mengatakan, pertemuannya dengan Paloh membahas persoalan politik. Jokowi menambahkan baik dirinya maupun Paloh sama-sama ingin bertemu, saat ditanya wartawan mengenai siapa yang mengundang terlebih dahulu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa klaim Surya Paloh murka dan isi pertemuannya dengan Jokowi membuat istana panik adalah informasi yang tidak benar.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.cnbcindonesia.com/news/20240219093147-4-515551/jokowi-buka-suara-soal-pertemuan-dengan-paloh-pertemuan-politik-biasa
– https://www.youtube.com/watch?v=Pk-rzwyQhks
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-surya-paloh-murka-ungkap-usai-bertemu-dengan-presiden-jokowi-hingga-seluruh-istana-panik