[SALAH] Sekjen PBB Tawari Anies Baswedan Posisi Krusial

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Tidak ada pernyataan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutteres tentang tawaran seperti pada klaim. Cuplikan video merupakan forum dialog bersama Sekjen PBB dan pimpinan C40 Cities yang digelar secara daring pada April 2021.

[Kategori]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://perma.cc/3YFX-YVTU

[NARASI]
“ya ampun kita punya ini seorang pak Anis.. ngak bangga kelen.. ✓ nanti di ambil negara asing nangis kelen… cuaaaxxxx
“MENGEJUTKA … SEKJEN PBB BERI TAWARAN ANIES POSISI HANYA 2 MENIT GAGASAN ANIES BIKIN PBB TERPUKAU
ORANG PERTAMA DI INDONESIA !! SEKJEN PBB TAWARKAN ANIES POSI KRUSIAL DI PBB || BERITA TERKINI”

[PENJELASAN]
Akun Tiktok @yatie.barat mengunggah video TikTok yang mengklaim Sekjen Persatuan Bangsa- Bangsa (PBB) menawarkan posisi yang krusial untuk Anies Baswedan. Pada unggahan itu, ditampilkan Anies Baswedan memakai Jas berwarna hitam dengan latar belakang tembok berwarna biru bertuliskan Jakarta. Selain itu ditampilkan juga Antonio Guterres yang memakai Jas berwarna Abu dengan latar belakang bendera PBB.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, video Anies dan Antonio merupakan momen pada acara dialog bersama Sekjen PBB dan pimpinan C40 Cities yang digelar secara daring pada 16 April 2021. YouTube Anies Baswedan pernah mengunggah video tersebut pada kanal YouTubenya dengan judul ” Dialog C40 Cities dan Sekjen PBB.”

Pada video yang diunggah Anies tersebut, ia memaparkan tentang usulan DKI Jakarta dalam program mengatasi dampak perubahan iklim dan upaya dalam pengurangan emisi karbon. Anies telah berkomitmen untuk menjadikan Jakarta sebagai Kota Berketahanan Iklim, bahkan Jakarta sendiri telah memiliki target zero emission pada tahun 2050.

Setelah Anies menjelaskan pemaparannya, Sekjen PBB Antonio Gutteres memberikan respon positif atas usulan tersebut. “Kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB dari berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda usulkan kepada kami,” kata Gutteres.

Dengan demikian, tidak ditemukan informasi yang menjelaskan bahwa Sekjen PBB, Antonio Gutteres memberikan penawaran posisi krusial kepada Anies Baswedan. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://m.rctiplus.com/news/detail/nasional/3110205/sekjen-pbb-tawari-anies-baswedan-posisi-krusial-ternyata

https://www.viva.co.id/berita/metro/1365499-pidato-2-menit-anies-baswedan-bikin-sekjen-pbb-terpukau

https://youtu.be/7nLXG1H0OAo?si=bR5okAfOw2TAQS8h

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-sekjen-pbb-tawari-anies-baswedan-posisi-krusial