[SALAH] ORMAS HERCULES JAGA KPU DAN ISTANA DARI PENDEMO PEMILU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut adalah video ketika Hercules dan kelompoknya menghadiri kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK yang dibagikan dengan narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/FKMFg (Facebook)

=======

[NARASI]:

PRIBUMI vs PRIBUMI
Oligarki tepuk tangan Pribumi mudah diadu dan diadu domba !!!
Vidio.. gank Hercules menuju dan jaga KPU tentu juga jaga istana dari pendemo pemilu curang..
hancuur  ditangan oligarki, semua hanya mempertahankan kekuasaan dan keserakahan nya…hingga rakyat di Adu domba…dgn di iming ² uang lendir dari taipan dan 9 naga !!!

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah akun facebook bernama Aji Lanang Sejagat membagikan video bernarasikan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dipimpin Rosario de Marshall alias Hercules menjaga kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Istana Kepresidenan dari pendemo terkait kecurangan Pemilu 2024.

Setelah ditelusuri, ditemukan video yang mirip dengan unggahan tersebut dari channel youtube Berita Indonesia News berjudul “Ketum GRIB H.Hercules Hadiri Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK” yang tayang pada 10 Februari 2024.

Video tesebut adalah video ketika Hercules dan kelompoknya menghadiri kampanye akbar calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Selain itu, dalam video klaim tersebut terdapat tanggal pengambilan video yang menunjukkan tanggal 10 Februari 2024, tanggal tersebut merupakan tanggal digelarnya kampanye akbar calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran di Gelora Bung Karno (GBK). Beberapa orang yang berada di sekitar Hercules juga menggunakan kaos bergambar Prabowo-Gibran.

Dengan demikian klaim narasi yang disebarluaskan oleh akun facebook Aji Lanang Sejagat adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/27/194500882/-hoaks-video-ormas-jaga-kpu-dan-istana-dari-pedemo-pemilu

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-hercules-marshal-jaga-istana-presiden-setelah-pemilu-2024