[SALAH] Minuman Kaleng Red Bull Bisa Memecahkan Kaca Mobil

Hasil periksa fakta Agnes A

Kaca mobil yang pecah bukan diakibatkan oleh minuman kaleng merek tertentu seperti Red Bull, tetapi karena adanya perbedaan suhu antara kaca mobil dan cairan yang disiramkan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/E53Iz (Twitter/X)

=====

[NARASI]: “Red Bull vs car glass :flushed:

Terjemahan: Red Bull melawan kaca mobil

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @crazyclipsonly mengunggah cuitan dengan klaim minuman kaleng dengan merek Red Bull bisa memecahkan kaca mobil. Dalam cuitan tersebut dilampirkan sebuah video seseorang yang menyiramkan minuman kaleng tersebut ke kaca belakang sebuah mobil. Setelah disiram minuman, kaca tersebut kemudian pecah.

Kaca mobil tersebut bisa pecah karena ada perbedaan suhu yang ekstrem. Ketika mobil diparkir di bawah sinar matahari secara langsung, maka suhu dari kaca mobil tersebut menjadi sangat panas. Kemudian kaca disiram dengan minuman kaleng bersuhu dingin, maka ada perbedaan suhu antara kaca yang panas dengan minuman dingin.

Seperti kebanyakan material, kaca akan memuai ketika dipanaskan dan menyusut ketika dingin. Jika satu bagian menyusut atau mengembang lebih cepat dari bagian di sebelahnya, maka kedua wilayah saling menarik. Tarikan ini yang membuat kaca bisa pecah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dapat memecahkan kaca bukanlah minuman kaleng merek tertentu seperti Red Bull, tetapi perbedaan suhu antara kaca mobil dan cairan yang disiramkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://libanswers.cmog.org/faq/364291
– https://www.hyundai.com/id/en/hyundai-story/articles/berbagai-penyebab-kaca-mobil-retak-dan-cara-mengatasinya-0000000354