[SALAH] Kutipan Komentar Putin Terkait Perbatasan Amerika-Meksiko, “Ironis”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Putin tidak menyebut sebuah “ironi” ketika Kongres Amerika menghabiskan miliaran dolar untuk melindungi perbatasan luar negeri, tetapi mengabaikan perbatasannya sendiri. Kutipan tersebut dibuat-buat tidak seperti aslinya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://ghostarchive.org/archive/Ut38w

= = =

Narasi:

“TUCKER: Are you following what’s happening on the US southern border?

PUTIN: Actually yes. It’s part of my daily briefing. We Russians find it ironically amusing your Congress will spend billions protecting foreign borders but neglect it’s own. It’s quiet laughable but deadly”

Terjemahan:

“TUCKER: Apakah Anda mengikuti apa yang terjadi di perbatasan selatan AS?

PUTIN: Sebenarnya, iya. Itu bagian dari briefing harian saya. Ironisnya, kami orang Rusia menganggap Kongres Anda menghabiskan miliaran dolar untuk melindungi perbatasan negara lain, namun mengabaikan perbatasannya sendiri. Itu memang menggelikan tapi mematikan”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan TikTok membagikan tangkapan layar dari kutipan Vladimir Putin yang mengomentari mengenai perbatasan selatan di Amerika Serikat, Putin menyebut sebuah “ironi” ketika Amerika menghabiskan miliaran dolar untuk melindungi perbatasan negara lain tetapi mengabaikan perbatasannya sendiri. Diketahui Joe Biden menghilangkan kawat berduri di perbatasan selatan antara Amerika dan Meksiko.

Namun setelah ditelusuri, tidak ditemukan kutipan Putin mengatakan hal tersebut. Kendati demikian, penelusuran AFP menemukan bahwa Putin menyinggung mengenai permasalahan di perbatasan selatan Amerika. Ia menyinggung mengenai masalah migrasi, masalah perbatasan, dan masalah hutang negara lebih dari $33 triliun, namun tetap meneruskan perang di Ukraina.

Dalam wawancaranya dengan Tucker Carlson, Putin tidak menyebutkan kutipan seperti yang ditampilkan dalam tangkapan layar tersebut.

Dengan demikian, kutipan Putin menyebut sebuah “ironi’ Amerika mengabaikan perbatasannya sendiri adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34J34GQ

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kutipan-komentar-putin-terkait-perbatasan-amerika-meksiko-ironis

= = =