[SALAH] KPU SEPAKAT HITUNG ULANG SUARA DI 34 PROVINSI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video tersebut juga tidak ditemukan pemberitaan terkait KPU sepakat hitung ulang suara di 34 provinsi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/9EAW-KTHG (Youtube)

=======

[NARASI]:
DHUAAARR SE-ISTANA PANIK KEJANG2 AYO CEPAT VIRALKAN VIDIO INI SEBELUM TERLAMBAT – KABAR KPU

BERITA VIRAL HARI INI
SEISI ISTANA PANIK KEJANG2
KPU SEPAKAT HITUNG ULANG DI 34 PROVINSI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Politik MediaDotCom bernarasikan Komisi Pemilhan Umum (KPU) sepakat untuk melakukan penghitungan ulang suara di 34 Provinsi.

Berdasarkan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dan beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kompas.com berjudul “KPU: 1.011 TPS di 7 Provinsi Hitung Suara Ulang” yang dimuat pada 23 Februari 2024.

Artikel tersebut membahas tentang Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyebut bahwa sedikitnya 1.011 TPS di 7 provinsi terkonfirmasi sudah akan melakukan hitung suara ulang dalam forum rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan KPU sepakat untuk melakukan penghitungan ulang suara di 34 Provinsi adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/02/23/15302191/kpu-1011-tps-di-7-provinsi-hitung-suara-ulang?page=all

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kpu-sepakat-hitung-ulang-suara-di-34-provinsi