[SALAH] Imigran Ilegal di NYC Dibiayai Pemerintah Hingga US$10,000 dengan Kartu Debit Prabayar Tanpa Batasan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Program walikota NYC yang dimaksud tersebut yaitu program percontohan yang hanya memberikan biaya makanan dan perlengkapan bayi kepada 500 keluarga imigran miskin dan jumlah uangnya sekitar $12 hingga $13 per hari selama 28 hari, bukan $10,000 dan diberikan kartu debit prabayar tanpa batas.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/zclg6

===== 

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Berita Terbaru: Walikota Adams berencana untuk memberikan imigran ilegal $10,000 per orang tanpa pemeriksaan identitas, pemeriksaan penipuan dan tanpa batasan”.

“Apakah warga negara AS bisa dapat $10,000?”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter Senator Ted Cruz mengutip cuitan yang menyatakan bahwa walikota NYC, Eric Adams, berencana untuk memberikan kartu debit prabayar tanpa batas yang jumlahnya sampai $10,000 per orang bagi para imigran ilegal, tanpa adanya batasan dan ‘fraud control’. Ted Cruz menulis ‘apakah warga AS juga bisa dapat $10,000?”. Cuitan yang ditulis pada 22 Februari 2024 tersebut telah disukai hampir 12,000 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 2,000 kali, serta telah dilihat lebih dari 350,000 kali. 

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Walikota Eric Adams sendiri yang menjelaskan pada konferensi pers yang dilaksanakan pada 5 Februari lalu, bahwa kartu debit prabayar tersebut merupakan bagian dari program percontohan atau ‘pilot program’ dengan tujuan proses distribusi makanan yang lebih murah dan efisien. Subjek dari kegiatan ini yaitu keluarga imigran yang tinggal di shelter khusus yang dibangun oleh pemerintah NY bagi imigran yang kurang mampu. 

Selain itu, rencana ‘pilot program’ walikota Eric Adams ini juga dijelaskan di salah satu artikel New York Times berjudul “Why New York’s Plan to Give Migrants Debit Cards Came Under Fire”. Melansir dari artikel tersebut, kartu debit itu hanya dapat digunakan di supermarket, toko kelontong, dan toko serba ada karena tujuan utama dari kartu tersebut adalah menyediakan biaya supply makanan sehari-hari secara lebih efektif. Lebih lanjut, pemerintah setempat juga menyatakan bahwa kartu-kartu tersebut akan diisikan sebulan sekali untuk keluarga imigran yang telah menerima voucher 28 hari menginap di shelter yang telah ditentukan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan di akun resmi Senator Ted Cruz merupakan konten yang menyesatkan. 

=====  

Referensi: 
https://www.nyc.gov/office-of-the-mayor/news/099-24/transcript-mayor-adams-holds-in-person-media-availability


https://www.nytimes.com/2024/02/23/nyregion/migrants-debit-cards-adams.html

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-imigran-ilegal-di-nyc-dibiayai-pemerintah-hingga-us-10000-dengan-kartu-debit-prabayar-tanpa-batasan