[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Jawapos.com Berjudul “PRABOWO KEMBALI STROKE SETELAH TAU KALAH NYAPRES SATU PUTARAN”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Judul pada tangkapan layar artikel Jawa pos.com merupakan hasil suntingan. Faktanya, judul yang asli adalah “Prabowo Terbaring Sakit Akibat Kelelahan, Dahnil: Hoax”. Gambar yang diklaim Prabowo terbaring sakit tersebut juga tidak benar, hal tersebut diungkapkan oleh jubir Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/sVGmW

= = = = =

NARASI:
“PRABOWO KEMBALI STROKE SETELAH TAU KALAH NYAPRES SATU PUTARAN”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Azan Maghrib memposting sebuah tangkapan layar artikel jawapos.com dengan judul “PRABOWO KEMBALI STROKE SETELAH TAU KALAH NYAPRES SATU PUTARAN”. Pada gambar artikel terlihat seseorang yang sedang terbaring sakit. Postingan yang diunggah 16 Februari 2024 pukul 15.30.

Setelah ditelusuri pada website jawapos.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 15 Februari 2024 pukul 19.07 WIB ditemukan artikel asli dengan judul yang berbeda. Judul yang asli adalah “Prabowo Terbaring Sakit Akibat Kelelahan, Dahnil: Hoax”. Artikel tersebut merupakan klarifikasi bahwa foto yang di klaim Prabowo sedang sakit tidak benar, keterangan tersebut disampaikan oleh juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak pada Kamis 15 Februari 2024.

Dengan demikian judul pada tangkapan layar artikel Jawa pos.com merupakan hasil suntingan. Judul yang asli adalah “Prabowo Terbaring Sakit Akibat Kelelahan, Dahnil: Hoax”, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.jawapos.com/ternyata-hoax/014164507/prabowo-terbaring-sakit-akibat-kelelahan-dahnil-hoax
https://turnbackhoax.id/2024/02/19/salah-prabowo-dilarikan-ke-rumah-sakit-usai-deklarasi-di-senayan/
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gambar-tangkapan-layar-artikel-jawapos-com-berjudul-prabowo-kembali-stroke-setelah-tau-kalah-nyapres-satu-putaran