[SALAH] Foto “Presiden Jokowi Panggil Semua Ketum Parpol ke Istana”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Pertemuan Jokowi dan para ketua umum partai politik di istana dalam foto tersebut diambil sebelum pelantikan Menteri Perdagangan dan Menteri ATR/BPN pada Juni 2022. Saat itu, Jokowi menjamu makan siang para ketua umum partai politik koalisi pemerintah periode 2019-2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/VovRi

= = =

Narasi:

“Presiden Jokowi Panggil Semua Ketum Parpol ke Istana. Ada yg gak di ajak”

“Presiden Jokowi Panggil semua Ketum parpol ke istana #Pemilu2024 #PemiluDamai #PresidenJokowi”

= = =

Penjelasan:

Pada 25 Februari 2024 postingan Facebook membagikan foto lama yang menunjukkan presiden Jokowi bersama para ketua umum partai politik, di antaranya Surya Paloh, Megawati, Airlangga Hartanto, hingga Prabowo dan Zulkifli Hasan di lingkungan istana.

Narasi yang disematkan dalam foto tersebut menyebut bahwa presiden Jokowi memanggil semua ketua umum partai politik, dalam captionnya disebutkan tagar Pemilu 2024 dan menyebut ada pihak yang tidak diajak. Narasi tersebut dapat memersepsikan masyarakat bahwa pemanggilan tersebut dilakukan setelah Pemilu 14 Februari 2024.

Namun perlu diketahui bahwa momen dalam foto tersebut diambil pada Juni 2022. Saat itu Presiden Jokowi menjamu makan siang para ketua umum partai politik koalisi pemerintah sebelum melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahyanto sebagai Menteri ATR/BPN untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Dengan demikian, foto Jokowi panggil ketua umum partai politik setelah Pemilu 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://aceh.tribunnews.com/2022/06/15/jokowi-jamu-ketum-parpol-sebelum-pelantikan-menteri-airlanggauntuk-jaga-stabilitas-politik

https://kabar24.bisnis.com/read/20220615/15/1543965/reshuffle-kabinet-jokowi-jamu-petinggi-parpol-sebelum-pelantikan-menteri

https://www.antaranews.com/berita/3985344/disinformasi-foto-presiden-jokowi-panggil-sejumlah-ketum-parpol-ke-istana-usai-pemilu

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-presiden-jokowi-panggil-semua-ketum-parpol-ke-istana

= = =