[SALAH] BOCOOR !! HASIL PEMILU 2024 SUDAH DITENTUKAN DARI 5 JANUARI 2024

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Narasi menyesatkan. Video tersebut terjadi pada acara bertajuk “Rapat Kolaborasi Daerah Komunitas Relawan Prabowo Gibran” pada 05 Januari 2024. Dilansir dari Jawapos.com, M Qodari menerangkan video itu telah dipotong dan diedit dengan tujuan melakukan framing kecurangan pemilu.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/WyTI0

[NARASI]
“LEBIH BAIK HANCUR MELAWAN KECURANGAN DARIPADA MENANG LEWAT HASIL CURANG !!

BOCOOR !!
HASIL PEMILU 2024 SUDAH DITENTUKAN DARI 5 JANUARI 2024 ??

#BerikanKomentarTerbaik*”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video yang diklaim sebagai tindakan kecurangan dilakukan oleh Timses Paslon nomor 02. Pengunggah memberikan narasi “HASIL PEMILU 2024 SUDAH DITENTUKAN DARI 5 JANUARI 2024” dalam video singkat tersebut. Pada video itu tampak pengamat politik M. Qodari berbicara di depan audiens.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan Google Image Search, diketahui bahwa video tersebut merupakan acara yang bertajuk “Rapat Kolaborasi Daerah Komunitas Relawan Prabowo Gibran” pada 05 Januari 2024. Video rapat tersebut diunggah oleh akun Youtube SUARA MASYARAKAT Maju Bersama. Video yang berjudul “RAPAT KOLABORASI DAERAH KOMUNITAS RELAWAN PRABOWO-GIBRAN DIHADIRI TKN DI DKJAKARTA PEMEMANGAN 02” diunggah pada 06 Januari 2024.

Dilansir dari Liputan6.com, Tim Golf TKN Zona 1 DKI Jakarta menyelenggarakan Rapat Kolaborasi Daerah Komunitas Relawan Prabowo-Gibran se-Provinsi DKI Jakarta (RAKORDA), Jumat (5/1). Ketua Pelaksana Rakorda Relawan Prabowo-Gibran se-DKI, Ahmad Gozali Harahap mengatakan ada 300 peserta yang ikut dalam rapat di Aula DPD Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat tersebut.

Ketua Pelaksana Rakorda Relawan Prabowo-Gibran se-DKI, Ahmad Gozali mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk melakukan kolaborasi dan konsolidasi antar relawan untuk menyamakan ritme pemenangan paslon nomer 2. Kedua, menyusun program kampanye dan strategi pemenangan wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Salah satu pembicara pada rapat kolaborasi M Qodari menanggapi jika klaim bocoran kemenangan Pilpres 2024 adalah fitnah. Qodari menerangkan, video itu telah dipotong dan diedit dengan tujuan melakukan framing kecurangan pemilu. Hasil Pilpres 2024 merupakan murni suara rakyat tidak ada unsur rekayasa seperti dituduhkan pihak-pihak yang kalah.

[REFERENSI]

https://www.youtube.com/watch?v=Sn9IaB145Vs

https://www.liputan6.com/pemilu/read/5498476/rakorda-relawan-prabowo-gibran-se-dki-jemput-kemenangan-indonesia-maju

https://www.kominfo.go.id/content/detail/48714/hoaks-data-kpu-hasil-pemilu-2024-sudah-jadi/0/laporan_isu_hoaks

https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/2792660/tkn-golf-targetkan-prabowo-gibran-menang-di-dki-jakarta-dan-pilpres-satu-putaran

https://www.jawapos.com/nasional/amp/014368933/difitnah-jadi-aktor-konspirasi-hasil-pilpres-2024-m-qodari-sebut-itu-data-survei-jakarta-bukan-nasional

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-bocoor-hasil-pemilu-2024-sudah-ditentukan-dari-5-januari-2024