[SALAH] Video Perang di Zona Laut Merah Serangan oleh Houthi Membela Palestina

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut adalah cuplikan dari video game Arma 3, tidak ada hubungannya dengan konflik yang sedang terjadi di Palestina dan Laut merah.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/Rq9G6

= = =

Narasi:

“PERANG UNTUK PALESTINA – Zona Perang Laut Merah telah menyaksikan pertempuran laut 24 jam terakhir

:small_blue_diamond: Serangan terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel, dengan kehadiran kapal induk dan perusak Amerika/Inggris.

:small_blue_diamond: Empat kapal telah menjadi sasaran sejauh ini, termasuk kapal Angkatan Laut AS USS Labone, dengan rudal-rudal ballistik.

:small_blue_diamond: Kapal perang Inggris, HMS Diamond mengalami kerusakan serius oleh Houthis, yang mengarah ke penarikan untuk perbaikan.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang diklaim merupakan kondisi perang di zona Laut Merah, serangan oleh Houthi terhadap kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan Israel seperti kapal perang Inggris dan Amerika untuk membela Palestina.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya video tersebut adalah cuplikan dari video game Arma 3. Seperti yang telah dikonfirmasi oleh juru bicara pengembang game tersebut, Bohemia Interactive, melalui Reuters ia menyebut bahwa video tersebut adalah cuplikan dari game Arma 3. Tidak ada kaitannya dengan konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel akhir-akhir ini.

Dengan demikian, video perang di zona Laut Merah adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/video-game-clip-shared-real-footage-red-sea-attacks-2024-02-14/

= = =

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-perang-di-zona-laut-merah-serangan-oleh-houthi-membela-palestina