[SALAH] Video Demo Menuntut Gibran Turun di Surakarta pada 15 Februari 2024

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video yang menunjukkan aksi tersebut terjadi pada 8 Februari 2024, yang dilakukan oleh Aliansi Solidaritas Perlawanan Rakyat Solo Raya (Sodara) untuk mengkritisi aksi pada 6 Februari 2024 yang dinilai merupakan gimik. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/3TDmB

= = =

Narasi:

“Kondisi kota Solo hari ini mencekam dan rusuh menentang dan menyuruh Gibran turun  alias lengser jadi wali kota solo..”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan aksi demonstrasi yang diklaim merupakan aksi demonstrasi menuntut Gibran turun dari jabatannya sebagai wali kota Solo pada 15 Februari 2024.

Namun setelah ditelusuri video aksi tersebut terjadi pada 8 Februari 2024 oleh Aliansi Solidaritas Perlawanan Rakyat Solo Raya (Sodara) yang dipublikasi oleh Konteks.co.id, bukan pada 15 Februari 2024 atau satu hari setelah hari pemungutan suara Pilpres 2024.

Dalam publikasi Konteks.co.id menjelaskan bahwa para demonstran mengkritisi aksi di depan Balai Kota Solo, pada Selasa, 6 Februari 2024 yang dinilai hanya gimik. Pada 6 Februari 2024 terjadi aksi protes pakta integritas mahasiswa dengan Gibran, namun isi pakta integritas tersebut sejatinya adalah visi misi yang diusung dan ada kesepakatan untuk mendukung.

Pihak Aliansi Solidaritas Perlawanan Rakyat Solo Raya (Sodara) menyayangkan aksi pada 6 Februari 2024 tersebut karena mengatasnamakan mahasiswa Solo Raya namun tidak ada koordinasi dengan mahasiswa. “Itu bukan mahasiswa. Kalau mahasiswa kok tidak ada koordinasi. Itu massa bayaran, kalau kami bukan masa bayaran,” teriak salah satu orator aksi 8 Februari.

Dengan demikian, video demo menuntut Gibran turun di Surakarta pada 15 Februari 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.konteks.co.id/daerah/238276/video-aliansi-solidaritas-perlawanan-rakyat-solo-raya-geruduk-balai-kota-surakarta-protes-pakta-integritas-gibran-dan-mahasiswa/

https://www.kompas.id/baca/polhuk/2024/02/08/unjuk-rasa-lagi-di-balai-kota-surakarta-mahasiswa-soroti-demonstrasi-berbau-gimik

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-demo-menuntut-gibran-turun-di-surakarta-pada-15-februari-2024

= = =