[SALAH] Tolitoli Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 9,8 Magnitude Hingga Terbelah

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya gempa yang terjadi di Tolitoli tersebut hanya sebesar 4,1 magnitude dan tidak ada laporan mengenai korban jika dan kerusakan yang berarti akibat dari gempa tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/6Gn0ME_Sy6Y (arsip)

===========

[NARASI]: “BARU SAJA GEMPA MAGNITUDE 9,8 SR GUNCANG WILAYAH TOLI TOLI, SULAWESI TENGAH TERBELAH DUA”

===========

[PENJELASAN]: Pada 26 Februari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul gempa bumi yang berkekuatan 9,8 magnitude guncang wilayah Tolitoli, Sulawesi Tengah, hingga terbelah.

Seperti yang diketahui, gempa yang memiliki kekuatan sebesar 7 magnitude lebih biasanya dapat berpotensi mengakibatkan tsunami. Namun, setelah disimak ternyata dalam isi video tersebut tidak dijelaskan jika kekuatan gempa mencapai 10.5 magnitude.

Saat disimak ternyata isi dari video tersebut hanya menerangkan jika gempa yang terjadi di Tolitoli pada 23 Februari 2024 tersebut hanya memiliki kekuatan sebesar 4,1 magnitude saja.Gempa ini tergolong gempa dangkal karena pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan air laut. Pusat gempa berada di laut, tepatnya 65 kilometer dari barat laut Tolitoli.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa sebesar 9,8 magnitude yang membelah daerah Tolitoli adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Tolitoli tersebut hanya sebesar 4,1 magnitude dan tidak ada laporan mengenai korban jika dan kerusakan yang berarti akibat dari gempa tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://kumparan.com/kumparannews/gempa-dangkal-4-1-m-guncang-tolitoli-sulteng-22DbjEtJSTJ/full

https://kalteng.tribunnews.com/2024/02/23/gempa-terkini-toli-toli-sulawesi-tengah-info-bmkg-jumat-23-februari-2024-cek-magnitudo

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tolitoli-diguncang-gempa-bumi-berkekuatan-98-magnitude-hingga-terbelah