[SALAH] Tanah Longsor Ratakan Ribuan Rumah di Bogor

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana tanah longsor telah menerjang dan meratakan ribuan rumah di wilayah Bogor merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Proyek TPT di Bogor Senilai Rp 2 Miliar Longsor hingga Tewaskan 2 Pekerja, padahal Baru Dimulai”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/7FFnOKhTTvs (YouTube)

=======

[NARASI]: “BOGOR RUNTUH BEEKEPING KEPING… TANAH LONGSOR RATAKAN RIBUAN RUMAH HINGGA TERKUBUR | BOGOR RUNTUH TOTAL, DETIK TANAH LONGSOR RATAKAN RIBUAN RUMAH HINGGA TERKUBUR AMBLES”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 22 Februari 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa bencana tanah longsor telah menerjang dan meratakan ribuan rumah di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Kompas.com berjudul “Proyek TPT di Bogor Senilai Rp 2 Miliar Longsor hingga Tewaskan 2 Pekerja, padahal Baru Dimulai”.

Sumber: Kompas.com

Artikel tersebut memberitakan mengenai pengerjaan proyek Tanggul Penahan Tanah (TPT) dengan anggaran Rp 2 miliar yang longsor di Kelurahan Muarasari, Kota Bogor, pada 18 Februari 2024. Dalam kejadian tersebut, diketahui dua orang meninggal dunia sementara dua orang lainnya mengalami luka-luka.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://megapolitan.kompas.com/read/2024/02/19/13460581/proyek-tpt-di-bogor-senilai-rp-2-miliar-longsor-hingga-tewaskan-2-pekerja

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tanah-longsor-ratakan-ribuan-rumah-di-bogor