[SALAH] Lombok Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 10,5 magnitude

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya gempa yang terjadi di Lombok hanya sebesar 3,2 magnitude dan tidak ada laporan mengenai kerusakan yang berarti akibat dari gempa tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/p8x1H-v6TNg (arsip)

===========

[NARASI]: “BARU SAJA GEMPA GUNCANG WILAYAH LOMBOK,GEMPA MAGNITUDE 10,5 HINGGA BERHAMBURAN ”

===========

[PENJELASAN]: Pada 24 Februari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul gempa bumi yang berkekuatan 10,5 magnitude guncang wilayah Lombok.

Seperti yang diketahui, gempa yang memiliki kekuatan sebesar 7 magnitude lebih biasanya dapat berpotensi mengakibatkan tsunami. Namun, setelah disimak ternyata dalam isi video tersebut tidak dijelaskan jika kekuatan gempa mencapai 10.5 magnitude.

Narator dalam video tersebut hanya memberikan penjelasan jika gempa yang terjadi di Lombok pada 21 Februari 2024 itu hanya memiliki kekuatan 3,2 magnitude saja. Bahkan dilansir dari RRI.co.id, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mataram, Ardhianto Septiadi menjelaskan jika hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa sebesar 10,5 magnitude yang mengguncang Lombok adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Lombok hanya sebesar 3,2 magnitude dan tidak ada laporan mengenai kerusakan yang berarti akibat dari gempa tersebut.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.rri.co.id/daerah/565064/gempa-bumi-tektonik-m-3-2-guncang-lombok-utara

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-lombok-diguncang-gempa-bumi-berkekuatan-105-magnitude