[SALAH] Kandungan Bromat Produk Le Minerale di Atas Ambang Batas Sebabkan Tumor dan Kanker

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Video yang mengklaim kandungan bromat pada Le Minerale berada di atas ambang batas sebabkan tumor dan kanker adalah tidak benar. Unggahan video tersebut tidak didasarkan data dan sumber yang mengklaim bahwa kadar bromat di dalam produk Le Minerale berada di atas ambang batas.

===========

[KATEGORI]: Konten palsu

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/gsI6n  (arsip)

===========

[NARASI]: “Air mineral bikin TUMOR dan KANKER?! Brand apa aja?? Kita belajar bareng!”

===========

[PENJELASAN]: Pada 23 Februari 2024 lalu beredar unggahan di media sosial Tiktok yang berisi isu kadar bromat pada produk air minum kemasan Le Minerale berada di atas ambang batas aman sehingga dapat menyebabkan tumor dan kanker. 
Dalam video yang berdurasi 1 menit 22 detik itu dijelaskan bahwa kandungan bromat pada air mineral kemasan Le Minerale sangat banyak yaitu 58,8. Sedangkan batas aman kandungan bromat pada air mineral kemasan adalah 10. 

Faktanya, dilansir dari health.detik.com, klaim tersebut adalah tidak benar. Manajemen PT Tirta Fresindo Jaya Febri Satria menegaskan bahwa  unggahan video tersebut tidak didasarkan data dan sumber yang mengklaim bahwa kadar bromat di dalam produk Le Minerale berada di atas ambang batas. 

Le Minerale  rutin melakukan uji kadar bromat setiap enam bulan sekali di laboratorium terakreditasi yaitu Badan Industri Agro (BBIA) Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin). Hasilnya, kadar bromat pada produk Le Mineral angkanya 0,4 parts per billion (pbb) atau 0,0004 mg/L, konsisten jauh di bawah ambang batas aman 10 parts per billion (ppb) atau 0,01mg/L yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan kandungan bromat pada Le Minerale berada di atas ambang batas sebabkan tumor dan kanker adalah tidak benar. 

===========

 [REFERENSI] :

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7209346/kominfo-pastikan-isu-soal-kandungan-bromat-di-produk-le-minerale-hoax

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kandungan-bromat-produk-le-minerale-di-atas-ambang-batas-sebabkan-tumor-dan-kanker