[SALAH] Banjir Bandang Dahsyat Hanyutkan Warga di Serang Banten

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana banjir bandang dahsyat telah menerjang dan menghanyutkan warga di wilayah Serang Banten merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang narasi dari dua peristiwa yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/FTv_NhiGyA0 (YouTube)

=======

[NARASI]: “SERANG BANTEN MELUAP… BANJIR MALING KEPUNG RIBUAN WARGA HINGGA ADA YANG HANYUT TERBAWA ARUS DAHSAT”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 22 Februari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana banjir bandang telah menerjang dan mengepung ribuan warga di Serang, Banten. Diketahui pula terdapat warga yang hanyut terbawa arus banjir tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang narasi dari dua peristiwa yang berbeda.

Pertama, narasi video milik kanal YouTube KOMPASTV berjudul “Hujan Deras Akibatkan Banjir Bandang di Serang Banten! 15 Rumah Terdampak”. Video asli tersebut memberitakan mengenai rusaknya 15 rumah di Kampung Cipait, Serang, Banten setelah diterjang banjir bandang pada 18 Februari 2024.

Sumber: YouTube KOMPASTV

Kedua, artikel milik KOMPAS.com berjudul “Atasi Banjir, Pemkot Semarang Tambah Kapasitas Pompa dan Normalisasi Saluran Air”. Dalam artikel diberitakan mengenai upaya penanganan banjir di wilayah Semarang melalui penambahan kapasitas pompa dan normalisasi saluran air yang akan dilakukan pada tahun 2024.

Sumber: KOMPAS.com

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://regional.kompas.com/read/2024/02/20/151947978/atasi-banjir-pemkot-semarang-tambah-kapasitas-pompa-dan-normalisasi-saluran

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-banjir-bandang-dahsyat-hanyutkan-warga-di-serang-banten