[SALAH] Gibran Sowan menemui Anies Baswedan pada 15 Februari 2024

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Faktanya, video Gibran menemui Anies tersebut terjadi pada 15 November 2022. Mereka bertemu di Solo untuk saling berbagi pengalaman saat memimpin daerahnya.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/0pKsx

[NARASI]
“tetap semangat ya pak anis,mudah” han bapk iklas dan kdepanya bapk lbh berhasil lagi
mas gibran sowan ke mas Anies”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video TikTok yang mengklaim Gibran bertemu dengan Anies Baswedan setelah pemilu pada 15 Februari 2024. Pada video itu Gibran tampak menggunakan kemeja berwarna hijau army, sedangkan Anies menggunakan kemeja berwarna putih. Terlihat Gibran menghampiri Anies di depan lobi hotel.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video tersebut terjadi pada 15 Februari 2022. Video aslinya dapat dilihat di kanal YouTube Metro Tv dengan judul “Potret Hangatnya Momen Pertemuan Anies Baswedan & Gibran Rakabuming Raka di Solo.”

Pada 15 November 2022, mereka makan pagi bersama di Hotel Novotel Solo. Anies dan Gibran juga berangkat bersama menuju acara Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Pasar Kliwon pada Selasa siang. Saat itu, diakui keduanya tidak ada pembahasan terkait Pilpres 2024. Hanya saja keduanya saling berbagi pengalaman saat memimpin daerahnya masing-masing.

Dengan demikian, video yang mengklaim bahwa Gibran menemui Anies Baswedan setelah Pemilu 2024 adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://youtu.be/shMba6yTCpk?si=qKj63It1y8qpDOLz
https://youtu.be/Sy17rTXfOMI?si=tlPCfFgTrNYDWACl
https://youtu.be/iohP9MOYrQg?si=lxToa0YVGDrZlNdm
https://kabar24.bisnis.com/read/20240222/15/1743205/cek-fakta-gibran-akhirnya-sowan-ke-anies-setelah-menang-real-count-dan-quick-count-kpu
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gibran-sowan-menemui-anies-baswedan-pada-15-februari-2024