[SALAH] Prabowo Menyatakan Selamat ke Anies Sebagai Presiden 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya berdasarkan data dari KPU, hingga saat ini penghitungan suara masih dilakukan dan perolehan suara dari ketiga calon masih menunjukan jika Prabowo-Gibran masih unggul dengan suara sebesar 58,89% persen.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/CYqJg2BmImg (arsip)

===========

[NARASI]: “🔴Live malam ini !! Detik-detik Prabowo nyatakan selamat ke Anies sebagai bak presiden 2024”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah video di Youtube pada 20 Februari 2024 lalu yang memberikan klaim pada judulnya bahwa Prabowo berikan ucapan selamat kepada Anies karena berhasil menjadi Presiden di 2024 ini.

Video diawali dengan sebuah potongan video Prabowo mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan yang berada tepat di sampingnya. Namun, saat ditelusuri ternyata video yang digunakan tersebut merupakan video lama pada saat Prabowo mengucapkan selamat kepada pasangan Anies-Sandi sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru pada tahun 2017 yang lalu.

Selain itu isi video juga tidak memberikan fakta jika perolehan suara Anies-Cak Imin unggul dan berhasil menang sebagai presiden berikutnya. Faktanya berdasarkan data dari KPU, hingga saat ini penghitungan suara masih dilakukan dan perolehan suara dari ketiga calon masih menunjukan jika Prabowo-Gibran masih unggul dengan suara sebesar 58,89% persen.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=0fHQ0XYkqKA

https://pemilu2024.kpu.go.id/

https://www.youtube.com/watch?v=6-ocThqkxDY


https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Peserta_pemilu