[SALAH] KPU Terbitkan Skenario Pilpres Putaran Kedua Untuk Hindari Amarah Rakyat

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim KPU adakan Pilpres 2024 putaran kedua untuk menghindari amarah masyarakat adalah tidak benar. KPU telah menyusun jadwal Pilpres putaran kedua jauh sebelum Pemilu 2024 berlangsung.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/M9LfZ  (arsip)

===========

[NARASI]: “*_”BREAKING NEWS,, KPU MENERBITKAN SKENARIO PILPRES PUTARAN KEDUA, Nampaknya KPU mulai nyerah, kalo tidak dia akan berhadapan dengan kemarahan rakyat…🤔🙄😮✊💪_* HOREEE… ADA PUTARAN KEDUA TAKBIR….. ALLAHU AKBAR 💪💪💪💪”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 17 Februari 2024 lalu beredar video di Facebook yang mengklaim mengenai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal pelaksanaan Pilpres 2024 putaran kedua. Dalam unggahan tersebut dijelaskan juga bahwa alasan pengumuman jadwal pelaksanaan Pilpres putaran kedua oleh KPU adalah untuk menghindari kemarahan rakyat.

Saat melakukan pencarian sumber video, didapati jika video yang diunggah tersebut berasal dari video yang diunggah oleh akun Youtube milik iNews dengan judul “Antisipasi Putaran Kedua Pilpres, Ini Jadwal dan Skemanya”. Video tersebut diunggah sebelum pemungutan suara berlangsung, tepatnya pada tanggal 13 Februari 2023. Dalam video tersebut tidak ditemukan pernyataan tentang KPU mengumumkan jadwal Pilpres putaran kedua untuk menghindari kemarahan rakyat. 

Dilansir dari antaranews.com, KPU memang telah menyusun rancangan Pilpres 2024 putaran kedua. Jadwal tersebut telah dituangkan jauh sebelum Pemilu 2024 berlangsung, tepatnya dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan KPU adakan Pilpres 2024 putaran kedua untuk menghindari amarah masyarakat adalah tidak benar. Sampai saat ini, belum ada informasi mengenai perlu atau tidaknya putaran kedua Pilpres 2024 mengingat KPU belum selesai melakukan perhitungan suara putaran pertama. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.antaranews.com/berita/3910833/kpu-susun-rancangan-%20jadwal-pilpres-2024-putaran-kedua

https://www.youtube.com/watch?v=etb8D_DTTw8