[SALAH] Caleg di Ciwidey Bandung Gantung Diri Karena Gagal dan Habiskan Dana 1M

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Video yang diklaim sebagai caleg kalah gantung diri di pohon aren adalah tidak benar. Potongan video tersebut berasal dari kejadian berbeda dan tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/W364Y  (arsip)

===========

[NARASI]: “Gara gara kalah suara dan telah habis dana sebesar 1 M

Seorang caleg di Ciwidey Bandung nekat gantung diri. 

Kasihan keluarga yang ditinggalkan 😭”

===========

[PENJELASAN]: Pada 21 Februari 2024 lalu beredar video di Facebook yang dinarasikan sebagai caleg gagal yang bunuh diri karena telah habiskan dana 1 M terjadi di daerah Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Dalam video yang berdurasi 6 menit 34 itu memperlihatkan seorang warga mencoba menaiki pohon aren untuk mengevakuasi jasad korban. Terlihat juga beberapa masyarakat dan petugas turut membantu jalannya evakuasi. 

Namun setelah dilakukan pencarian fakta, melansir dari artikel pikiranrakyat.com yang berjudul “Viral Video Caleg Gantung Diri Tak Terima Kekalahan Habis Dana Rp1 M di Bandung, Begini Kata Kapolsek Ciwidey” dalam artikel tersebut Kapolsek Ciwidey AKB Dana Suhenda mengklarifikasi jika berita yang beredar tersebut tidak benar dan kejadian tersebut tidak terjadi di daerah Ciwidey.

Setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan juga gambar serupa seperti yang ada di video tersebut. Dilansir dari sindonews.com dalam artikel berjudul “Pamit ke Istri Beli Rokok, Sinaga Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon Aren”, rupanya gambar tersebut merupakan proses evakuasi mayat korban gantung diri di pohon pohon aren di Desa Simbolon Tengko, Kecamatan Panombean Panei pada 13 Februari 2022.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan caleg gagal yang bunuh diri karena telah habiskan dana 1 M terjadi di daerah Ciwidey, Bandung, Jawa Barat adalah tidak benar. 

===========

 [REFERENSI] :

https://subang.pikiran-rakyat.com/jabar/pr-657743898/viral-video-caleg-gantung-diri-tak-terima-kekalahan-habis-dana-rp1-m-di-bandung-begini-kata-kapolsek-ciwidey?page=all

https://daerah.sindonews.com/read/684867/717/pamit-ke-istri-beli-rokok-sinaga-ditemukan-tewas-tergantung-di-pohon-aren-1644742922