[SALAH] Video Kapal Yemen Menyerang Kapal UK dan US di Laut Merah

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut diambil dari cuplikan video game Arma 3, bukan video Kapal Yemen yang menyerang Kapal UK dan US di Laut Merah.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/dRxqa

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Laut Merah telah menyaksikan pertempuran laut selama 24 jam terakhir, dengan empat kapal, termasuk Angkatan Laut AS USS Labone, berada di bawah serangan rudal balistik dari Houthi.
Kapal perang Inggris HMS Diamond rusak parah oleh Houthi dan ditarik kembali untuk diperbaiki”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @dannmuts mengunggah video yang menunjukkan perang antara beberapa kapal. Video tersebut diklaim oleh @dannmuts sebagai kapal US dan UK yang diserang oleh Kapal Houthi dari Yemen. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 7 Februari 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis telah banyak beredar di internet, terutama di platform YouTube. Akun YouTube “USMC” mengunggah video itu pada Januari 2024. Pada deskripsi tersebut, tertulis bahwa video itu diambil dari video game Arma 3 dan bukan merupakan rekaman dari kejadian di dunia nyata.

Informasi serupa juga telah dibahas oleh Reuters dengan judul “Fact Check: Video game clip shared as real footage of Red Sea Attacks” dan dikategorikan sebagai Miscaptioned.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @dannmuts merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=0mywm5BR_Pc


https://www.reuters.com/fact-check/video-game-clip-shared-real-footage-red-sea-attacks-2024-02-14/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-kapal-yemen-menyerang-kapal-uk-dan-us-di-laut-merah