[SALAH] Kim Yeon Koung Tunjuk Megawati Hangestri sebagai Kapten Pink Spider

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Megawati Hangestri akan dijadikan pemain inti dan telah ditunjuk sebagai kapten Pink Spider merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai klaim tersebut dan narator hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/Pxx2wWM5Ifc (YouTube)

=======

[NARASI]: “Mengejutkan !! Debut Perdana Megawati Di Pink Spiders Banjir Pujian”Dia Pantas Jadi Capten Leader”. Kim Yeon-Koung Tunjuk Mega Jadi Capten Leader”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @fathanofficial7711 pada 1 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Ratu Voli Korea, Kim Yeon Koung, menunjuk Megawati Hangestri sebagai kapten klub Pink Spider. Sebelumnya diketahui bahwa Megawati telah bergabung dengan Pink Spider dan akan menjadi pemain inti di klub asuhan Marcello Abbondanza tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim di atas. Selain itu, nyatanya narator hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda.

Pertama, artikel milik Okezone Sports berjudul “Pelatih Red Sparks Soroti Performa Megawati Hangestri Usai Timnya Disikat Pink Spiders”. Dalam artikel diberitakan mengenai pelatih Red Sparks, Koo Hee-jin, yang menilai performa Megawati menurun drastis usai melawan Pink Spider.

Sumber: Okezone Sport

Kedua, artikel milik Detik Sport berjudul “Debut Istimewa Megawati di Liga Voli Korea”. Dalam artikel diberitakan mengenai prestasi Megawati yang dinobatkan sebagai MVP dalam laga debutnya di Liga Voli Korea pada Oktober 2023 kemarin.

Sumber: Detik Sport

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube  @fathanofficial7711 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://sports.okezone.com/read/2023/12/30/43/2947280/pelatih-red-sparks-soroti-performa-megawati-hangestri-usai-timnya-disikat-pink-spiders
https://sports.sindonews.com/read/1288291/51/pelatih-kritik-megawati-hangestri-di-liga-voli-korea-performa-menurun-drastis-1703934753
https://sport.detik.com/sport-lain/d-6991568/debut-istimewa-megawati-di-liga-voli-korea

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-kim-yeon-koung-tunjuk-megawati-hangestri-sebagai-kapten-pink-spider