[SALAH] Gelombang Tinggi Libas 2 Kabupaten di Banten Hingga Hancur

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video tersebut hanya berisi himbauan dari BMKG tentang akan adanya gelombang tinggi di wilayah pesisir Banten, selain itu tidak ditemukan informasi yang membenarkan adanya 2 kabupaten di Banten yang hancur karena gelombang tinggi.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/rXrNrd_ybiQ (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~INALILLA‼️BANTEN BERDUKA,GELOMBANG HEBAT TIBA² MELIBAS HABIS 2 KABUPATEN & HANCUR❓”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 22 Februari 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika pada hari tersebut gelombang tinggi telah melibas habis 2 kabupaten di Banten hingga hancur.

Namun, ternyata isi video yang dijelaskan oleh narator berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video. Dalam isi video, narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG: Waspadai Tinggi Gelombang 2,5 Meter di Perairan Banten”  yang diterbitkan oleh Kompas. Artikel tersebut berisi imbauan dari BMKG tentang peringatan dini terhadap keselamatan nelayan dan pekerja kapal tongkang yang melintasi Perairan Banten karena adanya gelombang setinggi 2,5 meter.

Selain itu, isi pembahasan juga campur-campur membahas mengenai gelombang setinggi 4 meter yang terjadi di wilayah selat Makassar dan juga membahas mengenai gelombang setinggi 2,5 meter di Perairan Utara Morotai dan Perairan Utara Loloda yang mana kedua berita tersebut tidak ada hubungannya dengan narasi mengenai hancurnya 2 kabupaten di Banten.

Hingga akhir video tidak ditemukan penjelasan sesuai pada apa yang diklaim pada judul video bahwa gelombang tinggi baru saja menghantam 2 kabupaten di Banten hingga hancur.

===========

 [REFERENSI] :

https://regional.kompas.com/read/2024/02/19/155430378/bmkg-waspadai-tinggi-gelombang-25-meter-di-perairan-banten

https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6478799/peringatan-dini-bmkg-waspada-gelombang-tinggi-4-meter-di-selat-makassar

https://www.rri.co.id/ternate/daerah/547434/bmkg-ingatkan-masyarakat-malut-tetap-waspada-gelombang-tinggi

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-gelombang-tinggi-libas-2-kabupaten-di-banten-hingga-hancur