[SALAH] Ganjar dan Mahfud Bungkam Kecurangan Paslon 02

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Video tersebut hanya berisikan potongan-potongan video dari Ganjar, Mahfud, dan beberapa tokoh politik lainnya yang tidak ada kaitannya dengan klaim pada judul tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan 

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/E2S_HoJTmB8 (arsip)

===========

[NARASI]: “GEGER MALAM INI..!!!! MENEGANGKAN GANJAR-MAHFUT BUNGKAM KECURANGAN PASLON 2”

===========

[PENJELASAN]: 

Dalam unggahan video Youtube yang diunggah pada 18 Februari 2024 tersebut memberikan sebuah klaim pada judul mengenai Ganjar dan Mahfud yang membungkam kecurangan yang dilakukan oleh pasangan calon Prabowo-Gibran.

Namun setelah disimak isi dari video tersebut hanya berisikan beberapa potongan video tanggapan hasil quick count pilpres 2024 dari beberapa tokoh politik, diantaranya ada video dari Ganjar dan Mahfud saat diwawancarai saat selesai dilakukan pemilihan umum.

Dalam cuplikan tersebut Ganjar hanya diwawancara mengenai perolehan suara miliknya di quick count kemarin, sementara itu cuplikan video dari Mahfud MD tersebut hanya berisikan tentang klarifikasi mengenai pernyataannya yang berbunyi “setiap pemilu pihak yang kalah selalu menuduh yang menang itu curang” yang mana ia menjelaskan jika pernyataan tersebut sudah dia lontarkan jauh sebelum pemilu 2024 dilaksanakan, yaitu pada awal tahun 2023 yang lalu.

Hingga akhir video tidak ditemukan sama sekali informasi yang membenarkan klaim pada judul mengenai Ganjar dan Mahfud yang membungkam kecurangan yang dilakukan oleh paslon 02.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=JRyrpfo7SLU

https://www.youtube.com/watch?v=yV9RoP-Hoy4

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ganjar-dan-mahfud-bungkam-kecurangan-paslon-02