[SALAH] Video “Cara Menghadapi Stroke Mendadak Tekan Bibir Atas Bawah Hidung”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ditemukan sumber valid dari ahli kesehatan yang membenarkan klaim tersebut. Video dengan klaim tersebut adalah hoax lama yang sudah berulang kali beredar.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://ghostarchive.org/archive/Hn2Le

= = =

Narasi:

“Cara menghadapi stroke mendadak. Tekan bibir atas bawah hidung,semoga bermanfaat..”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Facebook menunjukkan seorang pria yang diklaim mengalami stroke mendadak kemudian diberikan bantuan pertolongan pertama dengan menekan bibir atas bawah hidung kemudian pria tersebut sadar kembali. Narasi yang dikaitkan pada video tersebut juga menyarankan untuk melakukan hal tersebut untuk menghadapi stroke mendadak.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut menyesatkan. Tidak ada informasi valid dari ahli kesehatan yang membenarkan hal tersebut. Dilansir dari alodokter.com, pertolongan pertama serangan stroke hingga tidak sadarkan diri dengan bawa pengindap ke tempat yang aman, baringkan pengidap pada posisi miring sedikit ke kiri, cari pertolongan medis dari rumah sakit terdekat, penanganan selanjutnya dilakukan oleh tim medis di rumah sakit.

Dengan demikian, menekan bibir atas untuk mengatasi stroke mendadak adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/pertolongan-pertama-stroke

= = =

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-cara-menghadapi-stroke-mendadak-tekan-bibir-atas-bawah-hidung