[SALAH] Sesudah Deklarasi Anies, Kaesang Langsung Hadiri Pidato Janji Anies

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ada sumber yang membenarkan Kaesang deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan. Thumbnail yang digunakan adalah momen ketika DPP Partai NasDem menggelar rapat pleno, narator dalam video membacakan artikel lain yang tidak mendukung klaim pada judul dan thumbnail video.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

= = =

Narasi:

“Siang ini !! Tak mengenal rasa lelah Kaesang sambangi pidato Anies soal janjinya di 2024”

“Jokowi Syok Lihat Ini… Tak Mengenal Rasa Lelah, Sesudah Deklarasi Anies Kaesang Langsung Hadiri Pidato Janji Anies”

= = =

Penjelasan:

Judul dan Thumbnail pada sebuah unggahan video YouTube mengklaim bahwa Kaesang mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan, disebutkan juga bahwa Kaesang mendengarkan pidato janji Anies setelah deklarasi tersebut dan Jokowi syok melihat hal tersebut. Diketahui bahwa Kaesang, putra bungsu Jokowi, merupakan ketua umum partai PSI.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut menyesatkan. Saat ini Kaesang bersama partai PSI merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran. Adapun foto thumbnail yang digunakan adalah momen saat sidang pleno penentuan pengusungan nama calon presiden hasil rakernas DPP Partai NasDem pada Juni 2022.

Selain itu, narator dalam video juga tidak menunjukkan bukti terhadap klaim tersebut. Narator hanya membacakan artikel berita dari Fajar.co.id yang berjudul “PKS, PKB, dan NasDem Segera Deklarasi Bersama, Usung Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar”.

Dengan demikian, Kaesang mendeklarasikan Anies adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://wartakota.tribunnews.com/2022/06/17/nasdem-sudah-pilih-tiga-capres-hasil-rakernas-surya-paloh-bakal-putuskan-satu-nama

https://www.cnbcindonesia.com/news/20231024201725-4-483351/resmi-psi-deklarasikan-dukungan-untuk-prabowo-gibran

= = =

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-sesudah-deklarasi-anies-kaesang-langsung-hadiri-pidato-janji-anies