[SALAH] Raja Arab janjikan hak pakai tanah saat Anies menang

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, pada video asli tidak menyebutkan bahwa Raja Arab menjanjikan hak pakai tanah jika Anies Menang.

=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Facebook
https://web.archive.org/web/20240219032300/https://www.facebook.com/groups/2984598315125731/permalink/3497857357133155/

=====   

Narasi  
*JANJI RAJA ARAB SAUDI BILA ANIES MENANG*

*Jangan heran jika Anies menang ONH 10 juta jadi kenyataan, begini penjelasanya:*

“`Bila Anies menang dan jadi Presiden RI, Raja Arab Saudi akan memberikan Hak Pakai Tanah untuk didirikan “Kampung Haji Indonesia” ( baca Kawasan Pemukiman berupa Hotel ) untuk kegiatan Ibadah Haji dan Umroh.
Beberapa negara Arab ( Kuwait, Qatar, Emirates dll. ) sudah siap menyumbang beberapa bangunan hotel  berlantai 22 – seperti standard hotel yg ada di Kota Mekah. Dengan demikian jamaah haji Indonesia hanya cukup bayar ongkos pesawat pulang pergi sekali saja. Biaya Akomodasi,penginapan,makan,visa dll tentunya lebih murah bisa ditekan hingga 90% karena konsepnya  sama halnya dengan tinggal di Kampung sendiri. Konsep yang cerdas dan briliant,ini baru pemimpin yang arif bijaksana. Wajib didukung.
Semoga Alloh SWT meridhoi dan mengabulkan doa umat untuk kemenangan Anies – Muhaimin. “`

 *AAMIIN YAA ROBBAL’ALAMIIN*

_Jangan heran kalau Anies  menang ONH jadi Rp 10 juta .._

=====  

Penjelasan:
Akun facebook Mzgz Channel mengunggah postingan pada grup facebook Anies Baswedan dengan menyebutkan bahwa Raja Arab memberikan hak pakai tanah untuk di dirikan Kampung Haji Indonesia.

Berdasarkan penelusuran oleh kompas.com pada laman pemerintah resmi Arab Saudi tidak ada informasi mengenai janji Raja Arab tersebut untuk memberikan hak pakai tanahnya. Dalam foto yang dilampirkan menunjukkan foto dari sebuah wawancaranya pada channel youtube PKSTV Jogja dengan judul Anies : Bangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi.

Dalam dialog bertajuk “Haji untuk Semua”, Anies berniat untuk membangun “Kampung Haji Indonesia” di Arab Saudi jika berhasil terpilih sebagai pemimpin Indonesia. Kampung Haji Indonesia akan menjadi kawasan yang memfasilitasi seluruh kebutuhan haji maupun umrah untuk rakyat Indonesia. Akan tetapi, tidak adanya informasi yang menyatakan bahwa Raja Arab telah memberikan hak pakai tanahnya.

=====    

Referensi: 
https://turnbackhoax.id/2024/02/15/salah-janji-raja-arab-saudi-bila-anies-menang/
https://www.youtube.com/watch?v=-D0QP5wlLvE
https://www.youtube.com/live/uRLeP5sIMAI?si=5DJHgtzRlRZp4N4l
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/16/163000982/hoaks-raja-arab-saudi-janjikan-hak-pakai-tanah-jika-anies-menang
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-raja-arab-janjikan-hak-pakai-tanah-saat-anies-menang