[SALAH] Hasil Real Count Anies Melonjak Tinggi Melewati Prabowo dan Ganjar Pada 16 Februari 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Dilansir dari situs resmi KPU (pemilu2024.kpu.go.id/) maka didapati fakta jika hingga saat artikel ini dibuat, jumlah suara untuk Anies masih belum melonjak naik melampaui jumlah suara kedua calon lainnya.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/dkGlte0Sxk8 (arsip)

===========

[NARASI]: “Menakjubkan ! Hasil real count 16 February Anies-amin makin melunjak tinggi, Prabowo Ganjar tumbang”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah video Youtube yang diunggah pada 16 Februari 2024 lalu membagikan klaim jika hasil real count paslon 01 menunjukan angka yang melonjak tinggi dibandingkan hasil persentase mereka di quick count.

Namun, setelah disimak rupanya isi video hanya berisi mengenai potongan-potongan video dari beberapa tokoh politik yang menanggapi mengenai hasil quick count pemilu 2024 kemarin.

Sementara itu jika kita cek melalui situs resmi KPU (pemilu2024.kpu.go.id/) terlihat jika hingga saat artikel ini dibuat, hasil penghitungan pilpres masih menunjukan jika persentase suara milik Prabowo masih unggul dibandingkan kedua calon lainnya.

Berdasarkan dari fakta tersebut maka klaim yang menyebutkan jika pada 16 Februari 2024 kemarin suara Anies melonjak naik mengalahkan dua calon lain adalah informasi yang tidak benar. 

===========

 [REFERENSI] :

https://pemilu2024.kpu.go.id/ 

https://jabar.tribunnews.com/2024/02/17/hasil-real-count-kpu-per-pukul-0600-wib-prabowo-gibran-masih-unggul-sementara-di-pilpres-2024
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-hasil-real-count-anies-melonjak-tinggi-melewati-prabowo-dan-ganjar-pada-16-februari-2024