[SALAH] Foto Tanda Restoran McDonald’s Dibakar oleh Pengunjuk Rasa Pro-Palestina

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kebakaran tanda restoran McDonald’s dalam foto tersebut dikonfirmasi oleh otoritas setempat diakibatkan oleh korsleting listrik yang tidak disengaja. Tidak ada kaitannya dengan pengunjuk rasa Pro-Palestina.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/MGZpx

= = =

Narasi:

“Sebuah tanda McDonalds dibakar oleh sekelompok pengunjuk rasa Pro Palestina karena mensponsori secara berkelanjutan McDonald’s kepada IDF”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto tanda restoran McDonald’s terbakar, pada narasi yang beredar di Twitter menyebut bahwa pengunjuk rasa Pro-Palestina membakar tanda restoran tersebut karena McDonald’s secara berkelanjutan mensponsori IDF (Israel Defense Forces).

Setelah ditelusuri, klaim tersebut menyesatkan. Kebakaran yang terjadi di McDonald’s Jl. Whangaparāoa, Auckland, diakibatkan oleh korsleting listrik. Hal tersebut sudah dipastikan oleh Fire and Emergency New Zealand kepada AFP yang menyebut bahwa kebakaran tersebut tidak disengaja. Sehingga tidak ada kaitannya dengan pengunjuk rasa Pro-Palestina.

Dengan demikian, tanda restoran McDonald’s dibakar oleh pengunjuk rasa Pro-Palestina adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34GE6ZA

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-tanda-restoran-mcdonalds-dibakar-oleh-pengunjuk-rasa-pro-palestina

https://www.newsweek.com/mcdonalds-sign-engulfed-flames-staff-inside-new-zealand-1847020

= = =