[SALAH] BAIM WONG BAGI-BAGI HADIAH UANG SENILAI 50 JUTA RUPIAH

Informasi tersebut PALSU, karena tidak melalui akun resmi milik Baim Wong. Masyarakat diimbau waspada terhadap segala informasi atau modus-modus tertentu yang mencatut nama public figure.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: FACEBOOK

https://mafindoworkspace.slack.com/archives/C03GF349L4F/p1708305353149619?thread_ts=1708280191.897749&channel=C03GF349L4F&message_ts=1708305353.149619

===

NARASI:

β€œAYO BOSQUE 50 JUTA DARI SEKARANG

π™Άπ™Έπš…π™΄π™°πš†π™°πšˆ πšπ™΄πš‚π™Όπ™Έπšˆπ™°π™½π™Ά 𝙳𝙸 𝙰𝙳𝙰 𝙺𝙰𝙽 𝙾𝙻𝙴𝙷 𝙱𝙰𝙸𝙼 πš†π™Ύπ™½π™Ά π™Ώπ™°πš„π™»π™° πš…π™΄πšπ™·π™Ύπ™Ώπ™½π™΄ πš„π™½πšƒπš„π™Ί π™²π™°πšπ™° 𝙿𝙴𝙽𝙢𝙰𝙼𝙱𝙸𝙻𝙰𝙽 𝙷𝙰𝙳𝙸𝙰𝙷 πš‚π™΄π™½π™Έπ™»π™°π™Έ πšπ™Ώ.5𝟢.𝟢𝟢𝟢.𝟢𝟢𝟢 πš‚π™Έπ™»π™°π™·π™Ίπ™°π™½ π™·πš„π™±πš„π™½π™Άπ™Έ π™Ώπšπ™Ύπ™Άπšπ™°π™Ό πš†π™·π™°πšƒπš‚π™°π™Ώπ™Ώπ™Άπ™Έπš…π™΄ π™°πš†π™°πšˆ π™±π™°π™Ώπ™°πš„ 𝙳𝙸 π™±π™°πš†π™°π™· 𝙸𝙽𝙸 https://wa.me/6283840441022 teks?”

===

PENJELASAN: Beredar melalui akun Facebook bernama Give Away Bosque, narasi yang menyebut jika Baim Wong dan Paula Verhoeven tengah bagi-bagi uang senilai 50 juta rupiah. Akun tersebut menjelaskan pada bagian kolom komentar, bagi yang ingin mendapatkan hadiah dari Baim, agar menghubungi nomor WhatsApp yang telah dicantumkan. Sampai dengan artikel ini dibuat, unggahan yang mencatut nama Baim Wong dan istri tersebut telah mendapat 31 komentar.

Jika dilihat secara seksama pada bagian kolom komentar, ditemukan adanya pengguna Facebook yang masih penasaran dan terkesan percaya akan give away tersebut. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, unggahan yang mencatut nama Baim Wong tersebut adalah HOAKS. Melansir dari akun Instagram Baim Wong yang bercentang biru, Baim mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap segala jenis informasi atau pun bagi-bagi uang tunai yang mencatut namanya. Hal ini disampaikan Baim pada 2 Januari 2024, lantaran pihaknya kembali menemukan adanya akun-akun yang mencatut namanya.

“Selamat tahun baru. Rutinitas tiap tahun, selalu nasehatin jangan sampe ketipu ya. Kalau masih pengen nipu, nipunya jangan pake nama gueee,” tegas Baim.

Nama Baim Wong memang sering kali dicatut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terkait dengan give away. Modusnya pun bisa dikatakan cukup mirip, yakni masyarakat diminta menghubungi ke nomor WhatsApp tertentu, lalu nantinya diminta untuk mentransfer sejumlah uang dengan alasan untuk biaya admin. Dengan adanya unggahan-unggahan yang sering kali mencatut nama dan foto para public figure, masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dan lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Lalu jika berdasar kepada seluruh referensi, dapat dipastikan jika unggahan akun Facebook Give Away Bosque terkait Baim Wong dan istri bagi-bagi uang senilai 50 juta rupiah adalah TIDAK BENAR. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/C1lbu1JrlJG/?utm_source=ig_embed&ig_rid=4f10feb8-99ec-464e-96e8-0c1656f5a6cc&img_index=6
https://www.kompas.tv/video/355832/baim-wong-laporkan-kasus-penipuan-berkedok-giveaway-yang-gunakan-namanya
https://hot.detik.com/celeb/d-7121766/kerap-kena-ganti-rugi-korban-baim-wong-beri-pesan-ke-pelaku-penipuan-giveaway
https://www.liputan6.com/showbiz/read/5182532/baim-wong-datangi-polda-metro-jaya-karena-namanya-masih-terus-dicatut-penipuan-give-away-ada-wna-yang-tertipu-rp140-juta