[SALAH] Angin Tornado Robohkan Mushola Hingga Puluhan Rumah di Bogor

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi angin tornado yang robohkan mushola dan puluhan rumah di Bogor. Angin kencang yang terjadi di Bogor hanya menyebabkan sebuah pohon tumbang dan menutup akses jalan.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/T2VRE6o8-sA (arsip)

===========

[NARASI]: “Remuk… BOGOR TAK BERKUTIK LEMAS,ANGIN TORNADO ROBOHKAN MHUSHOLLA HINGGA PULUHAN RUMAH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 19 Februari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul angin tornado robohkan mushola hingga puluhan rumah di Bogor.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Radar Bogor yang berjudul “Bogor Diterjang Angin Kencang, Pohon di Pasirmulya Tumbang. Tutup Akses Jalan!”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi angin tornado yang robohkan mushola dan puluhan rumah di Bogor.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 10 Februari 2024. Hujan deras yang disertai angin kencang tersebut hanya menyebabkan sebuah pohon tumbang. Pohon duku setinggi 8 meter tersebut tumbang dan menutup akses Jalan RE Abdulah. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya angin tornado yang merobohkan mushola dan puluhan rumah di Bogor adalah informasi yang tidak benar. Faktanya angin kencang yang terjadi di Bogor hanya menyebabkan sebuah pohon tumbang.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.radarbogor.id/2024/02/10/bogor-diterjang-angin-kencang-pohon-di-pasirmulya-tumbang-tutup-akses-jalan/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-angin-tornado-robohkan-mushola-hingga-puluhan-rumah-di-bogor