[SALAH] Amerika dan China Bentrok di Laut Filipina Barat karena Sengketa Laut China Selatan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Juru bicara militer Filipina mengkonfirmasi bahwa tidak ada insiden tersebut dalam sebulan terakhir ini.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

https://perma.cc/SHB4-VQTU

= = =

Narasi:

“BERITA. Tiongkok TERKEJUT! AS dan China Berakhir Bentrok di Laut Filipina Barat!”

“AS DAN CHINA BERJUANG DI LAUT! PERTEMUAN ANTARA AS DAN CINA! BERAKHIR ANTARA KAPAL! CHINA TERKEJUT DENGAN TINDAKAN AMERIKA!”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video YouTube berbahasa Filipina yang mengklaim bahwa kapal militer Amerika dan China bentrok di sekitar Laut Barat Filipina akibat dari sengketa wilayah Laut China Selatan.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut tidak benar. Melalui AFP, juru bicara militer Filipina membantah adanya kejadian tersebut dalam sebulan terakhir. Foto pada thumbnail yang digunakan merupakan hasil menipulasi dari dua gambar yang berbeda. Pertama, di sebelah kiri foto menunjukkan kapal induk USS Nimitz sedang membentuk formasi selama transit di Selat Hormuz pada 18 September 2020.

Kedua, kapal putih di sebelah kanan foto menunjukkan kapal perang angkatan laut Tiongkok pada Desember 2022. Dilansir dari English.News.cn, pada saat itu Angkatan Laut Tiongkok bersama Rusia sedang melakukan latihan angkatan laut gabungan di Laut Cina Timur.

Dengan demikian, Amerika dan China bentrok di Laut Barat Filipina karena sengketa Laut China Selatan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34GP6AY

https://www.afpforum.com/AFPForum/Search/ViewMedia.aspx?mui=1&hid=7DECDEA2F801B9B864A1335103F939FC8A5B04980C7CF8FA953DA69AB4EE8EC9

https://english.news.cn/20221222/bcc213dfbc86404380f82d86e31ce221/c.html

= = =

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-amerika-dan-china-bentrok-di-laut-filipina-barat-karena-sengketa-laut-china-selatan