[SALAH] Pembagian uang berlogo PKS saat kampanye di JIS

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, foto tersebut merupakan foto uang yang diterima pada saat Pemilu 2019 pemilihan DPRD di wilayah Grobogan, beserta lambang PKS yang merupakan editan.

=====   

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====   

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/K1MQZ

=====   

Narasi  
Lumayan dapat amplop ikut kampanye di JIS

=====  

Penjelasan:
Akun facebook Om Paino dalam grup facebook Amin Presiden 2024 mengunggah foto amplop berlogo PKS yang berisikan uang yg diklaim merupakan amplop dari kampanye yang dilakukan di JIS.

Setelah dilakukan penelusuran, Kompas.com telah melakukan pengecekan melalui teknik reverse image search bahwa foto tersebut merupakan amplop yang diterima Sulimin, warga Grobogan, Jawa Tengah, dari salah satu calon anggota DPRD Grobogan pada Pemilu 2019.

Sehingga, foto amplop berisi uang tersebut bisa dikatakan tidak ada hubungannya dengan kampanye JIS. Pada foto aslinya pun logo PKS di sampulnya juga tidak ada, yang artinya bahwa logo PKS dalam foto tersebut merupakan hasil editan. 

=====    

Referensi:   
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/13/171256282/hoaks-foto-amplop-berlogo-pks-berisi-uang-dan-bernarasi-upah-kampanye

https://m.antaranews.com/berita/3960552/hoaks-foto-amplop-pembagian-uang-kampanye-akbar-anies-muhaimin?utm_source=antaranews&utm_medium=mobile&utm_campaign=latest_category

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pembagian-uang-berlogo-pks-saat-kampanye-di-jis