[SALAH] Tommy Suharto Ajak Seluruh Warga Jawa Tengah Dukung Anies

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Video tersebut memberikan klaim bahwa Tommy Suharto mengajak seluruh warga Jateng untuk mendukung Anies, tetapi isi video hanya membahas tentang Anies yang diundang oleh KPK dan membahas tentang dukungan para nelayan dan petani untuk Anies.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1707837592.321969/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “Menggemparkan ❗Tepat hari ini Tomy Suharto ajak seluruh warga Jateng dukung Anies 2024”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video Youtube yang diunggah 12 Februari 2024 lalu membagikan video yang berisikan klaim anak Mantan Presiden Soeharto yaitu Tommy Soeharto mengajak seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk mendukung Anies.

Namun setelah disimak, isi video tersebut justru membahas tentang Anies Baswedan yang diundang untuk datang ke KPK dan membahas tentang dukungan rakyat kecil kepada Anies.

Selain itu pada thumbnail juga justru menampilkan sekumpulan anggota Partai Golkar yang mana tidak ada kaitannya dalam video. Golkar sendiri merupakan salah satu partai yang mengusung Prabowo menjadi capres.

Dapat disimpulkan dari hasil temuan tersebut bahwa klaim dari unggahan video tersebut tidak benar, karena isi video sama sekali tidak membahas mengenai Tommy Soeharto yang mengajak seluruh warga Jateng untuk mendukung Anies.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.merdeka.com/politik/pilgub-jateng-golkar-matangkan-rencana-koalisi-dengan-demokrat-ppp.html

https://kbanews.com/geliat-jateng/nelayan-petani-dan-pensiunan-guru-di-jawa-tengah-siap-deklarasi-dukung-anies-baswedan/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tommy-suharto-ajak-seluruh-warga-jawa-tengah-dukung-anies