[SALAH] Jutaan The Jakmania Lakukan Kampanye Keliling Jakarta untuk Mendukung Anies

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Isi video justru hanya membahas mengenai Anies Baswedan yang disambut dengan prosesi budaya adat di Batam, yang digabungkan dengan potongan video konvoi dari The Jack saat mereka merayakan kemenangan Persija di Liga 1 Indonesia pada tahun 2018.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1707749764.566361/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “Usai kampanye anies !! Jutaan the Jack mania konvoi keliling Jakarta mengarak anies presiden”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video Youtube yang diunggah 12 Februari 2024 lalu membagikan video yang berisikan klaim tentang jutaan suporter dari Persija yang melakukan kampanye konvoi untuk memberikan dukungan kepada Anies.

Namun setelah disimak isi video ternyata membahas mengenai Anies Baswedan yang disambut dengan prosesi budaya adat Tepuk Tepung Tawar ketika melakukan kampanye di Batam, Kepulauan Riau.

Selain itu thumbnail yang digunakan bukan merupakan foto The Jak yang melakukan konvoi kampanye untuk mendukung Anies, melainkan foto tersebut diambil dari foto konvoi saat mereka merayakan kemenangan Persija di Liga 1 Indonesia pada tahun 2018 yang lalu.

Berdasarkan hal itu maka dapat disimpulkan jika unggahan tersebut berisi klaim yang tidak benar, karena foto konvoi The Jak tersebut tidak ada hubungannya dengan kampanye pilpres 2024, dan isi video juga tidak ada sama sekali menyinggung tentang benar adanya The Jak yang berkonvoi untuk memberikan dukungan kepada Anies.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.indosport.com/sepakbola/20181215/melihat-lebih-dekat-kemeriahan-konvoi-kemenangan-persija-jakarta

https://rm.id/baca-berita/pemilu/206782/kampanye-di-batam-anies-disambut-budaya-adat-tepuk-tepung-tawar

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-astronot-lepas-helm-di-bulan