[SALAH] Foto Astronot Lepas Helm di Bulan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Gambar tersebut ternyata merupakan foto yang diambil pada tahun 1972 ketika para astronot Apollo 16 tersebut masih dalam proses pelatihan di Bumi.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1707749055.84984 (arsip)

===========

[NARASI]: “Emang boleh…. Emang boleh….lepas helm di Bulan ….???

Ndak bahaya taaaah….???”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di Facebook sebuah unggahan foto yang menampilkan 3 orang astronot mengenakan pakaian astronot lengkap seperti sedang berada di Bulan, tetapi tidak sedang mengenakan helm astronot yang mana helm tersebut merupakan atribut yang sangat penting untuk memungkinkan mereka bernafas di luar angkasa.

Akan tetapi klaim tersebut tidak benar, karena setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan fakta bahwa foto tersebut bukan merupakan foto para astronot saat sudah berada di bulan, melainkan foto yang diambil saat mereka masih dalam fase pelatihan di Bumi pada tahun 1972 lalu.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh beberapa media luar, seperti Snopes.com dengan judul artikel “Did Astronauts Remove Their Helmets on the ‘Moon’?” dan Logicallyfacts.com dengan artikel berjudul “False: Astronauts on the Moon removed their helmets to pose for a photograph.”.

Melalui hasil telusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika klaim tersebut berisikan klaim yang keliru, karena faktanya foto tersebut diambil pada saat para astronot tersebut masih melakukan pelatihan di Bumi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.snopes.com/fact-check/astronauts-helmets-moon/

https://www.logicallyfacts.com/en/fact-check/false-astronauts-who-landed-on-the-moon-took-off-their-helmets-for-a-photograph

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-astronot-lepas-helm-di-bulan