[SALAH] Video Volodymyr Zelenskyy Berdansa dengan Baju Merah

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Video asli penari tersebut telah banyak beredar di internet, dan wajahnya bukan wajah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/69KdV

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Tidak ada.. dan maksud saya TIDAK ADA yang memunculkan bot Ukraina seperti membicarakan sampah tentang Zelensky. Saya belum pernah melihat tingkat infiltrasi seperti ini sejak COVID-19”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru bernama @shipwreckshow mengunggah video yang menunjukkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy sedang berdansa anggun dengan baju merah. Cuitan dan video yang diunggah pada 7 Februari tersebut telah disukai 367 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 200 kali, serta telah dilihat sebanyak 16,500 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut adalah hasil suntingan. Video seorang pria yang berdansa dengan kostum tersebut telah banyak beredar di media sosial sejak 2020, salah satunya diunggah oleh panari yang asli di akun TikTok nya yang bernama @vusaaal. Di video yang diunggah @vusaaal tersebut, terlihat dia memiliki gerakan yang sama persis seperti video yang diunggah @shipwreckshow  hanya saja dengan wajah yang berbeda. Video tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia, yang setelah diterjemahkan ke Bahasa Inggris berbunyi demikian:

“Dancing, my dancing, how do you like it? Modern or Oriental? #recommendations #rivers #NoStepWithoutDETTOL #dancing”.

Selain itu, informasi serupa juga telah dibahas di turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video Presiden Ukraina Menari dengan Baju Merah” dan dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @shipwreckshow merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.tiktok.com/@vusaaal/video/6884256372330941697


https://turnbackhoax.id/2024/01/30/salah-video-presiden-ukraina-menari-dengan-baju-merah/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-volodymyr-zelenskyy-berdansa-dengan-baju-merah