[SALAH] Video Konvoy Warga Texas ke Border US-Mexico untuk Protes Kebijakan Imigran Biden

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut diambil di Washington DC pada 2022 lalu, bukan di perbatasan US-Mexico untuk memprotes kebijakan pelonggaran batasan imigran yang disahkan Joe Biden 2023 lalu.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/LJuYs

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Patriot, petani, pengemudi truk & lainnya, semuanya menuju ke perbatasan Selatan untuk membantu Garda Bersenjata Texas melawan Invasi Amerika yang berkelanjutan”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @aliifil1 mengunggah video yang diklaim sebagai warga Texas yang beramai-ramai menuju ke perbatasan Selatan (perbatasan US-Mexico) untuk melawan invasi Amerika yang berkelanjutan. Invasi yang dimaksud adalah para imigran, yang baru-baru ini aturannya dilonggarkan oleh pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Joe Biden. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 27 Januari lalu.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis telah banyak diunggah oleh berbagai media berita seperti Business Insider. Salah satu artikel yang ditulis oleh Business Insider mengunggah foto serupa seperti cuplikan yang diambil pada video tersebut. Pada judul berita tertulis “Video shows DC trucker convoy brought to a snail’s pace by single cyclist who took up an entire lane”. Berita tersebut diunggah pada 21 Maret 2022.

Selain itu, video yang sama persis juga diunggah oleh Insider News di YouTube dengan judul “Inside the Trucker Convoy Heading to Washington, DC”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @aliifil1 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-konvoy-warga-texas-ke-border-us-mexico-untuk-protes-kebijakan-imigran-biden


https://www.businessinsider.com/video-dc-trucker-convoy-stalled-lone-cyclist-whole-lane-2022-3?IR=T


https://www.youtube.com/watch?v=dAsTz74guTQ