[SALAH] Hasil Pemungutan Suara di Luar Negeri Menunjukkan Prabowo-Gibran Menang Telak

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Informasi tersebut tidak benar, karena Ketua KPU sendiri menyatakan jika jadwal penghitungan suara WNI di luar negeri akan tetap dilakukan sesuai dengan jadwal penghitungan suara Indonesia.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1707736244.211401/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “Ini hasil pemilu di berbagai negara di luar negeri 2024,, Prabowo Gibran tetap unggul”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 7 Februari 2024 lalu beredar video di Tiktok dengan klaim jika hasil pemungutan suara di luar negeri menunjukan pasangan Prabowo-Gibran menang telak dibandingkan dengan paslon lainnya.

Dalam video menunjukan Prabowo-Gibran memperoleh suara sebanyak 83,2% di Malaysia, 85,2% di Korea Selatan, 88,2% di Taiwan, 75,2% di Jepang, 80,2% di Singapura, dan 87,2% di Arab Saudi.

Namun jika dilansir dari Kompas.com, Ketua KPU Hasyim Asy’ari sendiri memberikan pernyataan jika pemungutan suara untuk WNI yang sedang berada di luar negeri memang dilakukan lebih awal daripada pemungutan suara di Indonesia, tetapi untuk jadwal penghitungan suaranya akan tetap disamakan dengan tanggal penghitungan suara Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan jika unggahan yang memberikan informasi mengenai perolehan suara Prabowo-Gibran di luar negeri tersebut bukan merupakan informasi yang resmi.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/06/11364381/kpu-pencoblosan-di-luar-negeri-sudah-dimulai-tapi-penghitungan-suara-tunggu?page=all

https://www.rri.co.id/cek-fakta/552024/hoaks-hasil-perhitungan-suara-pemilu-di-luar-negeri
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-hasil-pemungutan-suara-di-luar-negeri-menunjukkan-prabowo-gibran-menang-telak