[SALAH] MURI Prabowo Capres 3 Kali Kalah Secara Beruntun

Hasil periksa fakta Luthfiyah

Gambar rekor di capres 3 kali kalah secara beruntun yang diperoleh Prabowo merupakan hasil editan. Faktanya, pada website muri tidak ditemukan rekor tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten parodi.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/cj6q8

= = = = =

NARASI:
“PIAGAM PENGHARGAAN
MUSEUM REKOR-DUNIA
INDONESIA
No. 9506/R.MURI/IV/2022
Dianugerahkan Kepada
Prabowo Subianto
ATAS REKOR
Capres 3X Kalah Secara Beruntun”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Guz Zhotex pada 26 Desember 20023 memposting sebuah gambar rekor Muri Indonesia. Rekor murid tersebut di kepada Prabowo Subianto atas rekor capres 3 kali kalah secara beruntun. Guz Zhotex juga menambahkan caption “Rekor dunia kepresidenan RI”.

Setelah ditelusuri pada website MURI tidak ditemukan rekor tersebut. Gambar tersebut merupakan gambar editan. Saat telusuri menggunakan nomor MURI No. 9506/R.MURI/IV/2022 di Google, tidak ditemukan memori seperti yang diposting oleh Guz Zhotex. Ditemukan beberapa artikel yang membantah mengenai rekor capres 3 kali kalah secara beruntun yang diperoleh oleh Prabowo.

Dengan demikian gambar rekor di capres 3 kali kalah secara beruntun yang diperoleh Prabowo merupakan hasil editan. Pada website muri tidak ditemukan rekor tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten parodi.

REFERENSI:
https://muri.org/
https://www.antaranews.com/berita/3925902/hoaks-prabowo-dapat-rekor-muri-karena-kalah-tiga-kali-menjadi-presiden
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5506459/cek-fakta-hoaks-muri-berikan-penghargaan-pada-prabowo-karena-3-kali-kalah-beruntun-sebagai-capres?page=3
https://turnbackhoax.id/2024/01/30/salah-pada-tahun-2022-prabowo-dapat-rekor-muri-capres-gagal-3x-beruntun/
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-muri-prabowo-capres-3-kali-kalah-secara-beruntun