[SALAH] Pemutusan Listrik Ketika Suhu Dingin Ekstrim di Alberta, Kanada

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Bukan pemutusan listrik, tetapi pemadaman listrik secara bergilir berpotensi akan terjadi jika permintaan terhadap penggunaan listrik tinggi, mengingat pasokan listrik sedang rendah.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/hHR85

= = =

Narasi:

“Bersiaplah Untuk Ini Di Amerika. Kanada Mengirimkan Pemberitahuan Mereka Akan Memotong Listrik Anda Jika Anda Menggunakan Lebih Dari Yang Mereka Katakan

Suhunya Negatif -36 Derajat & “Mereka sudah memutus aliran listrik di kota saya selama sekitar 2 jam”

Di manakah letak permasalahan-permasalahan ini sebelum aliran sesat iklim globalis memulai pengambilalihan NWO mereka?

‘Jadi saya berada di Alberta, Kanada, dan malam ini, kami mendapat peringatan darurat yang pada dasarnya tidak menggunakan listrik. Jika kamu melakukannya, kami akan memutus aliran listrikmu. Jangan ragu untuk mengambil tangkapan layarnya dan membacanya untuk Anda. Saat ini kami berada dalam pusaran kutub. Saat ini suhunya minus 36 derajat dengan angin dingin minus empat puluh tiga derajat Celsius. Mereka sudah memutus aliran listrik di kota saya sekitar 2 jam lebih awal.

Inilah alasan kami membeli rumah dengan perapian. Mungkin kita akan lebih beruntung jika semua orang membeli Tesla. Benar?’,”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Twitter membagikan informasi mengenai pemutusan listrik di Alberta, Kanada akan dilakukan jika masyarakat sekitar menggunakan listrik berlebih. Diketahui saat ini di daerah tersebut sedang mengalami cuaca dingin dengan suhu yang ekstrim.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut keliru. Bukan pemutusan listrik jika menggunakan listrik berlebih, melainkan pemadaman listrik secara bergilir berpotensi akan terjadi mengingat pasokan listrik di Alberta sedang rendah sedangkan suhu dingin yang esktrim membuat permintaan listrik yang tinggi. Sehingga pemerintah dan pengelola listrik setempat memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menghemat penggunaan listrik untuk keperluan penting saja agar meminimalkan potensi pemadaman terjadi.

Melalui AFP, Sara Hastings-Simon, guru besar bidang Sistem Energi di Universitas Calgary menyebut bahwa pemadaman listrik bergilir adalah cara yang baik untuk mengurangi permintaan listrik yang tinggi, daripada harus mematikan atau memutuskan sistem listrik secara keseluruhan.

Pengelola listrik di Alberta kepada AFP mengatakan, jika pemadaman listrik bergilir terjadi, maka akan dilakukan selama 30 menit, namun tidak termasuk pemadaman pada layanan darurat seperti rumah sakit dan pemadam kebakaran.

Dengan demikian, pemutusan listrik di Kanada saat suhu dingin ekstrim adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34FZ6Y6

= = =

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pemutusan-listrik-ketika-suhu-dingin-ekstrim-di-alberta-kanada