[SALAH] Zulkifli Hasan Tegaskan Kader PAN Alihkan Dukungan ke Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Narasi dalam video justru menjelaskan tentang PAN yang tidak terkait sama sekali dengan relawan Amanat Indonesia yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1706527456.61316/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “TEPAT PAGI INI:bangbang: Zulhas Tegaskan Kader pan Tinggalkan Prbowo||•Dukung Anies Presiden”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa kadernya kini meninggalkan Prabowo Subianto dan mengalihkan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai presiden pada Pemilu 2024.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi valid yang menjelaskan klaim tersebut. Narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh Kompas dengan judul “Kadernya Jadi Relawan Anies, PAN: Mereka Sudah Lama Tidak Aktif.”

Dalam artikel yang diunggah pada 8 Mei 2023 tersebut membahas tentang Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi yang menegaskan bahwa partainya tidak terkait sama sekali dengan relawan Amanat Indonesia yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Pasalnya, ada sejumlah kader PAN yang pernah menjadi pengurus di dalam relawan Amanat Indonesia tersebut. Namun, Viva Yoga menegaskan bahwa kader-kader tersebut sudah tidak aktif lagi di PAN.

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.kompas.com/read/2023/05/08/15420991/kadernya-jadi-relawan-anies-pan-mereka-sudah-lama-tidak-aktif#:~:text=Editor&text=JAKARTA%2C%20KOMPAS.com%20%2D%20Wakil,calon%20presiden%20(capres)%202024.
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-zulkifli-hasan-tegaskan-kader-pan-alihkan-dukungan-ke-anies-baswedan