[SALAH] Wasit Ilgiz Tantashev Respon Hujatan Netizen Indonesia

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa wasit Ilgiz Tantashev merespon hujatan dari netizen Indonesia usai mengesahkan gol kedua Irak di Piala Asia 2023 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706664910.706652/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Tak Terima Di Hujat! Wasit Ilgiz Tantashe Tantang Orang Indonesia Sampai ngomong ngini?”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @golindonesiatv1313 pada 16 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa wasit pertandingan Irak vs Indonesia di Piala Asia 2023, Ilgiz Tantashev, akhirnya merespon hujatan dari netizen Indonesia. Tantashev menyatakan bahwa wasit tidak akan menjatuhkan salah satu tim dan berusaha bertindak seadil-adilnya untuk menciptakan pertandingan yang jujur.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel atas klaim tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa laga Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak yang digelar pada 15 Januari 2024 berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan Irak. Namun, terdapat gol kontroversial pada menit ke-45 yang membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melayangkan protes keras ke wasit. Menurutnya, sebelum Osama Rashid menjebloskan bola ke gawang Ernando Ari, terdapat momen pemain Irak terperangkap offside. Sayangnya, wasit tetap mengesahkan gol untuk Irak.

Sumber: TV One News

Hingga saat ini pun, tidak ada respon dan klarifikasi resmi dari Ilgiz Tantashev maupun penyelenggara pertandingan mengenai disahkannya gol kontroversial Irak di Piala Asia 2023.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @golindonesiatv1313 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.tvonenews.com/bola/timnas/181444-asisten-wasit-var-asal-thailand-dituding-jadi-biang-kerok-gol-kontroversial-irak-di-laga-lawan-timnas-indonesia-piala-asia-2023?page=all

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-wasit-ilgiz-tantashev-respon-hujatan-netizen-indonesia