[SALAH] Video Serangan Petani Kulit Putih di Afrika Selatan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut terekam di Brazil pada 2020. Menurut keterangan polisi Brazil pria dalam video tersebut disiksa atas motif homofobia.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/gbetP

= = =

Narasi:

“South Africa – More disturbing footage from the racist pro Hamas country as we see a white farmer being viciously assaulted with weapons by savages linked to Julius Malema´s EFF”

Terjemahan:

“Afrika Selatan – Rekaman yang lebih meresahkan dari negara rasis pro Hamas ketika kita melihat seorang petani kulit putih diserang secara kejam dengan senjata oleh orang-orang biadab yang terkait dengan EFF Julius Malema”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Twitter memberikan informasi bahwa petani berkulit putih di Afrika Selatan disiksa secara kejam dan dibuktikan dengan video penyiksaan terhadap seorang kulit putih tersebut. Dalam keterangannya pengunggah mengaitkan bahwa Afrika Selatan adalah negara rasis yang pro-Hamas. Diketahui negara tersebut membela Palestina dan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional atas perlakuan genosida yang dilakukan di tanah Palestina.

Setelah ditelusuri, klaim yang dikaitkan dengan video tersebut adalah menyesatkan. Faktanya video tersebut diambil di Brazil pada 2020. Dilansir dari AFP, kepolisian setempat meyakini bahwa penyiksaan yang dilakukan oleh empat orang pelaku di Serra Branca, Brazil didasari atas motif Homofobia.

Dengan demikian, video serangan terhadap petani kulit putih di Afrika Selatan adalah tidak benar dengan kategori Satire/Parodi.

= = =

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-serangan-petani-kulit-putih-di-afrika-selatan

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34GQ62J

= = =