[SALAH] Video Partisipan Pembicara di Pertemuan Tahunan WEF Davos 2024 Menghina Klaus Schwab

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut adalah hasil editan yang dibuat untuk parodi, bukan momen yang sebenarnya terjadi pada Pertemuan Tahunan WEF di Davos pada Januari 2024.

= = =

Kategori: Satire/Parodi

= = =

Sumber: YouTube

Screenshot: https://bit.ly/3HBW4AD

= = =

Narasi:

“New WEF Participant Crashes 2024 Davos Meeting”

“And I appreciate the World Economic Forum providing me the opportunity to be on this stage and say f*ck you Klaus Schwab and f*ck your new world order”

Terjemahan:

“Peserta Baru WEF Menggagalkan Pertemuan Davos 2024”

“Dan saya menghargai Forum Ekonomi Dunia yang memberi saya kesempatan untuk berada di panggung ini dan mengatakan persetan dengan Klaus Schwab dan persetan dengan tatanan dunia baru Anda”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di YouTube memperlihatkan seorang partisipan acara Pertemuan Tahunan WEF 2024 di Davos yang menyinggung dan menghina Klaus Schwab, Founder WEF, dan menyinggung tatanan dunia baru yang dibuatnya.

Setelah ditelusuri, video tersebut bukan kejadian yang terjadi di Pertemuan Tahunan WEF 2024, melainkan sebuah video yang bertujuan untuk menyindir dalam bentuk satire atau parodi, hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pembuat video pada postingan Twitternya. Penelusuran AFP menunjukkan bahwa akun bernama ‘Damon Imani Reposts’ sering memposting sandiwara yang menunjukkan dirinya diedit dalam acara TV.

Dengan demikian, video partisipan pembicara di pertemuan tahunan WEF Davos 2024 menghina Klaus Schwab adalah tidak benar dengan kategori Satire/Parodi.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34GX49G

= = =

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-partisipan-pembicara-di-pertemuan-tahunan-wef-davos-2024-menghina-klaus-schwab