[SALAH] Prabowo dan Jokowi Kunjungan ke Solo, Warga Solo Teriak Anies Presiden

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Bukan kunjungan ke Solo Jawa Tengah, melainkan kunjungan ke Pasar Bululawang Malang Jawa Timur. Pada video aslinya tidak ada teriakan “Anies Presiden” seperti pada klaim.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1706341938.629069/index.html

[NARASI]
“JOKOWI, PRABOWO KE SOLO WARGA SOLOH PILIH ANIES PRESIDEN ANIES, PRESIDEN ANIES :sweat_smile:

[PENJELASAN]
Akun TikTok @ibt.news mengunggah video yang mengklaim Jokowi dan Prabowo melakukan kunjungan ke Solo Jawa Tengah. Video itu memperlihatkan Jokowi dan Prabowo berada di kerumunan masyarakat yang menyambut kedatangannya dengan berteriak “Anies Presiden.” Unggahan itu sudah dilihat 1 juta pengguna TikTok sejak diunggah pada 16 Januari 2024.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, ditemukan video yang identik saat Presiden Jokowi, Prabowo, dan Erick Thohir melakukan kunjungan ke Pasar Bululawang Malang Jawa Timur pada 24 Juli 2023 lalu. Video aslinya diunggah oleh kanal Youtube Harian Surya dengan judul “BREAKING NEWS : JOKO WIDODO, Prabowo, Erick Thohir, dan Khofifah Tiba di Pasar Bululawang Malang.”

Selain itu, pada video asli kunjungan presiden ke Pasar Bululawang tidak ada teriakan “Anies Presiden, Anies Presiden” seperti yang ditampilkan pada klaim video TikTok @ibt.news. Justru warga antusias menyambut kedatangan Presiden dan dua menterinya itu. Dikutip dari Tribunnews.com, Tri Wulandari, warga Desa Sukonolo, Kecamatan Bululawang mengaku senang bisa bertemu dengan Jokowi. “Terharu, bisa ketemu Pak Jokowi, selama ini saya ingin bertemu dengannya,” ungkap Tri dengan singkat.

[REFERENSI]
https://www.youtube.com/watch?v=vqy5EWOtofs&t=295s
https://mataraman.tribunnews.com/2023/07/24/antusiasme-warga-saat-jokowi-bersama-prabowo-dan-erick-thohir-kunjungi-pasar-bululawang-malang
https://www.youtube.com/watch?v=a6c06Ciyza4
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-dan-jokowi-kunjungan-ke-solo-warga-solo-teriak-anies-presiden