[SALAH]: “Jokowi pimpin deklarasi Ganjar Pranowo”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jokowi pimpin deklarasi Ganjar Pranowo.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1706539585.706781/index.html

=====

[NARASI]: PAGI INI,DEKLARASI AKBAR !! JUTAAN GANJARIS KENDAL USUNG GANJAR CAPRES 2024…

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “AKTUAL” pada tanggal 29 Januari 2024 membagikan video dengan narasi Jokowi pimpin deklarasi Ganjar Pranowo.

Setelah melakukan penelusuran, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan gambar Calon Presiden no urut 01, Joko Widodo memberikan orasi politik saat kampanye akbar bertajuk Konser Putih Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Ditemukan juga gambar identik pada laman berita milik Tribunnews.com dengan judul “Durasi Masa Kampanye Pemilu 2024 Selama 75 Hari untuk Hindari Polarisasi Masyarakat”.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel Inews.id dengan judul artikel “TPD Ganjar-Mahfud Papua Tengah Gelar Apel Akbar di Nabire, Deklarasi Pemilu Jurdil”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Jokowi pimpin deklarasi Ganjar Pranowo adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://jateng.tribunnews.com/2022/06/07/durasi-masa-kampanye-pemilu-2024-selama-75-hari-untukhindari-polarisasi-masyarakat
https://papua.inews.id/berita/tpd-ganjar-mahfud-papua-tengah-gelar-apel-akbar-di-nabire-deklarasi-pemilu-jurdil