[SALAH] Foto CEO Apple Menghadiri Acara Peluncuran Galaxy AI 18 Januari 2024

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto tersebut telah lama beredar sejak April 2022. Ia menghadiri konser Coachella 2022 dan momen foto tersebut saat dirinya menikmati musik dari Harry Styles.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/C57Y-5XBN

= = =

Narasi:

“BREAKING NEWS. Tim Cook spotted at the Galaxy AI event, San Jose, California. Even Tim is excited to see new AI features.”

Terjemahan:

“BERITA TERBARU. Tim Cook terlihat di acara Galaxy AI, San Jose, California. Bahkan Tim sangat antusias melihat fitur AI baru.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto di Facebook yang memperlihatkan Tim Cook, CEO Apple yang diklaim sedang menghadiri acara peluncuran Galaxy AI dan disebutkan bahwa ia sangat antusias melihat fitur AI terbaru dari Samsung tersebut.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya foto asli yang sudah lama beredar sejak April 2022 yang diketahui pada saat itu Tim Cook sedang menghadiri acara Coachella 2022. Pada momen pengambilan gambar tersebut disebutkan bahwa dirinya sedang menikmati musik yang dibawakan Harry Styles.

Dengan demikian, foto CEO Apple menghadiri acara peluncuran Galaxy AI adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-ceo-apple-menghadiri-acara-peluncuran-galaxy-ai-18-januari-2024

https://twitter.com/ianzelbo/status/1515321144781516812 (Arsip: https://archive.is/6IciC)

= = =