[SALAH] Banjir Bandang Hanyutkan Ribuan Rumah di Kabupaten Kerinci

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa ribuan rumah di Kabupaten Kerinci hanyut terbawa banjir bandang yang terjadi pada 30 Januari 2024 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang dua artikel yang tidak saling berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706622243.864782/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “BANJIR BANDANG HARI INI~ BANJIR MALING TERJANG JAMBI KERINCI,RIBUAN RUMAH HANYUT TERBAWA ARUS | BANJIR LANDA JAMBI, BANJIR BANDANG KEMBALI HANYUTKAN RATUSAN RUMAH DI KAYUARO KERINCI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana banjir bandang telah menghanyutkan ribuan rumah di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Banjir bandang tersebut diketahui terjadi pada 30 Januari 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang dua artikel yang tidak saling berkaitan.

Pertama, artikel milik Metro Jambi berjudul “Hujan Deras di Kayuaro, Banjir Bandang Hanyutkan Material Batu dan Lumpur di Jalan Tangkil”. Artikel tersebut memberitakan mengenai hujan deras yang mengguyur Desa Tangkil, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci pada 26 Januari 2024. Selain akibat hujan deras, banjir tersebut diketahui juga merupakan dampak dari penggundulan hutan dan pemanfaatan lahan pertanian menggunakan plastik mulsa.

Sumber: Metro Jambi

Kedua, artikel milik Nasional Tempo berjudul “Sudah 138 Desa Terkena Bencana Banjir di Kalbar, Dampak Lahan Kritis”. Dalam artikel diberitakan mengenai 138 desa yang terdampak bencana banjir di Kalimantan Barat pada Januari 2024. Diketahui bahwa dari enam kabupaten yang terdampak banjir, sudah empat kabupaten melakukan penetapan status tanggap darurat.

Sumber: Nasional Tempo

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.metrojambi.com/daerah/134042244/hujan-deras-di-kayuaro-banjir-bandang-hanyutkan-material-batu-dan-lumpur-di-jalan-tangkil
https://tekno.tempo.co/read/1823337/sudah-138-desa-terkena-bencana-banjir-di-kalbar-dampak-lahan-kritis

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-banjir-bandang-hanyutkan-ribuan-rumah-di-kabupaten-kerinci